Teropong Bisnis | Homepage
Sejarah Berdirinya Bank CIMB Niaga

Sejarah Berdirinya Bank CIMB Niaga

0 Comments 🕔16.Oct 2013

Salah satu Bank di Indonesia yang mulai berdiri pada tahun 1955 adalah Bank CIMB Niaga. Tepatnya, Bank ini didirikan pada 26 September 1955 dengan nama awal Bank Niaga. Tujuan awal didirikannya Bank Niaga adalah untuk membangun nilai-nilai dan profesionalisme khususnya di bidang perbankan. Dengan bergulirnya waktu, Bank Niaga dikenal sebagai penyedia produk dan layanan berkualitas sertaterpercaya.

Salah satu bukti komitmen pelayanan Bank Niaga adalah dengan menawarkan layanan melalui ATM di tahun 1987. Bank ini merupakanBank pertama yang menawarkan fasilitas tersebut di Indonesia. Lebih jauh lagi, Bank Niaga menjadi Bank pertama yang memberikan layanan perbankan secara online di tahun 1991. Sebelumnya, tepatnya pada tahun 1989, Bank Niaga sudah menjadi Perusahaan Terbuka di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya.

Dengan profesionalisme yang tinggi, Bank CIMB Niaga akhirnya juga digunakan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai pemegang mayoritas saham saat terjadi krisis keuangan di akhir tahun 1990-an. Cikal bakal Bank CIMB Niaga terjadi pada bulan November 2002 saat Asset-Holding Berhad atau CAHB yang saat ini dikenal dengan CIMB Group Holdings Berhad atau CIMB Group Holdings mengakusisisaham mayoritas Bank Niaga dari Badan Penyehatan Perbankan Nasional atau BPPN. Kepemilikan saham berpindah di bulan Agustus 2007dengan platform universal banking.

Secara terpisah, Khazanah, pemilik saham mayoritas CIMB Group Holdings juga mengakusisi kepemilikan mayoritas LippoBank. Keduanya resmi berpindah tangan ke CIMB Group pada tanggal 28 Oktober 2008. Akhirnya pada bulan Mei 2008, nama Bank resmi berubah menjadiBank CIMB Niaga. Selanjutnya, di bulan Juni 2008 terjadi kesepakatan penggabungan Bank ini dengan LippoBank.

Secara legal, LippoBank bergabung dengan CIMB Niaga pada tanggal 1 November 2008 dengan hadirnya pula logo baru. Penggabungan ini merupakan loncatan besar khususnya untuk sektor perbankkan di Asia Tenggara. Pasalnya, sejak tahun 2007, Khasanah telah mengusulkan mengenai penggabungan  atau merger tersebut sebagai jalan yang harus ditempuh. Hal ini harus dijalankan agar pihak Bank mampu memenuhi kebijakan Single Presence Policy atau SPP yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Uniknya, Penggabungan ini juga merupakan merger bank pertama di Indonesia khususnya terkait dengan kebijakan SPP. Sejalan dengan perkembangan CIMB Niaga, nasabah telah mendapatkan layanan perbankkan yang komprehensif khususnya di perbankkan ritel, UKM dan korporat. Dengan komitmen serta profesionalisme yang tetap dijaga hingga kini, akhirnya Bank CIMB Niaga menjadi bank terbesar ke-5 khususnya dari sisi aset pendanaan, kredit serta luasnya jaringan cabang.

Tentunya, CIMB Niaga terus berusaha untuk menjaga penggabungan ini dengan memanfaatkan seluruh daya yang dimiliki. Hal ini merupakan perwujudan nilai-nilai inti dari Bank CIMB Niaga sebagai Bank terpercaya.

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *