Teropong Bisnis | Homepage
Satelit BRI, Langkah Besar untuk Kepuasan Nasabah

Satelit BRI, Langkah Besar untuk Kepuasan Nasabah

0 Comments 🕔29.Apr 2014

Satelit dapat dikatakan merupakan salah satu hal penting saat ini. Hal ini dikarenakan, semua kebutuhan komunikasi berbasis teknologi, tidak akan berjalan tanpa adanya satelit ini. Dan, kita semua tahu, teknologi sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita saat ini. Hampir semua orang di dunia ini menggunakan teknologi untuk berkomunikasi.

Hal diatas juga disadari oleh PT Bank Rakyak Indonesia Tbk atau kita kenal dengan nama BRI. Mereka melakukan beberapa langkah besar untuk meningkatkan pelayanan mereka. Salah satunya adalah dengan rencana pengadaan satelit BRI.

Menurut Direktur Utama BRI, Sofyan Basir, pengadaan satelit komunikasi ini sangatlah penting untuk BRI. Beliau mengatakan ada 2 keuntungan besar yang bisa didapat BRI dari satelit ini.

Yang pertama adalah efisiensi biaya. Menurut Sofyan, biaya untuk keperluan komunikasi merupakan salah satu biaya dengan jumlah yang paling besar yang dikeluarkan BRI. Satelit yang akan dipunyai BRI akan dapat memangkas biaya tersebut, sehingga dapat menghemat pengeluaran.

Menurut data, BRI harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 400 miliar hingga Rp. 500 miliar per tahun untuk kebutuhan komunikasi ini. Bahkan, tahun depan biaya ini dapat naik hingga mencapai Rp. 500 miliar hingga Rp. 600 miliar.

satelit bri, layanan bank, kepuasan nasabah, nilai tukar rupiah, perbankan

Satelit BRI sendiri dapat digunakan rata-rata selama 15 tahun. Artinya, BRI akan terbebas dari biaya komunikasi yang besar tersebut selama lebih dari satu dekade. Hal ini yang menjadikan alasan mengapa efisiensi biaya dapat dilaksanakan dengan adanya satelit ini.

Selain efisiensi biaya, satelit BRI ini juga akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan terhadap nasabah. Hal ini dilakukan karena semakin banyak nasabah yang menggunakan teknologi dalam menggunakan layanan perbankan dari BRI. Dan, banyak dari mereka yang mengeluhkan gangguan yang terjadi pada pelyanan berbasis teknologi informasi ini. Satelit BRI ini diharapkan dapat mengatasi masalah yang dihadapi nasabah ini.

Sofyan mengungkapkan, pihaknya sering mendapati keluhan dari pelanggan, seperti ATM mati dan lainnya. Hal ini bukannya masalah yang diakibatkan oleh BRI. Akan tetapi, penyedia teknologi komunikasi yang mempunyai kapasitas rendah atau layanannya sedang turun.

Banyak masalah komunikasi ini terjadi juga karena Service Level Agreement (SLA) yang hanya 65 persen. Bila jumlah yang ada melebihi SLA ini, maka akan terjadi gangguan komunikasi. Dan, hal ini akan berdampak langsung pada pelayanan perbankan yang diberikan oleh BRI.

Peluncuran satelit BRI ini akan dilangsungkan pada bulan Juni 2016. Bila hal ini sukses dilakukan, maka masalah yang terjadi pada layanan teknologi komunikasi ini akan terselesaikan. Selain itu, Sofyan mengungkapkan, pihaknya perlu melakukan hal ini untuk menjaga dan meningkatkan reputasi BRI. Dengan satelit BRI, maka layanan yang diberikan akan menjadi jauh lebih baik dan sempurna.

satelit bri, layanan bank, kepuasan nasabah, nilai tukar rupiah, perbankan

BACA JUGA:

Program Baru BRI untuk Mendukung UMKM Sektor Perdagangan

Kredit Mobil Porsche Sekarang Bisa Dicicil di Bank Niaga

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *