Teropong Bisnis | Homepage
Rencana BRI Soal Akuisisi Terhadap BTN

Rencana BRI Soal Akuisisi Terhadap BTN

0 Comments 🕔07.Feb 2014

Keinginan lama BRI di tahun 2008 untuk meminang BTN kembali terjadi. Kalau itu, BRI gagal mendapatkan akuisisi BTN karena BTN ingin melakukan program go public. Di tahun 2014, keinginan BRI kembali ingin melakukan akuisisi terhadap BTN. Pernyataan ini diamini oleh salah seorang pejabat di kementrian BUMN.

Dirinya mengungkapkan bahwa BRI memang sudah lama ingin melakukan akuisisi terhadap BTN. Bahkan, keinginan ini juga sudah disampaikan oleh Direktur Utama BRI Sofyan Basyir kepada Meneg BUMN Dahlan Iskan. Keinginan tersebut menurutnya disampaikan pada pertemuan ekonomi dunia di Davos, Swiss beberapa waktu yang lalu.

Memang, hasil dari pembicaraan tersebut masih belum jelas dan belum ada keputusan final. Tentu saja, sambil menunggu keputusan tersebut, bank BUMN harus tetap melakukan konsolidasi. Di sisi lain, Muhammad Ali selaku Corporate Secretary BRI justru belum mengetahui sama sekali informasi dan rencana akusisi terhadap BTN tersebut.

Ia berdalih bahwa informasi tersebut justru diketahui dari media. Sebenarnya, rencana BRI untuk mengakuisisi BTN menang cukup mengejutkan. Pasalnya, selama ini core bisnis BRI lebih menekankan pada segmen UMKM. Memang, bank UKM ini sudah mulai mengembangkan bisnis konsumen tetapi produk yang termasuk dalam KPR BRI masih sangat sedikit.

Hal ini bisa dilihat dari total kredit KPR BRI di hingga tahun 2013 yang hanya mencapai angka sekitar Rp. 10 triliun atau sekitar 75% dari total kredit konsumen yang sekitar Rp. 12 triliun. KPR tersebut juga disalurkan paling terakhir jika dibandingkan dengan 3 BUMN lainnya. Sebagai tambahan, BTN sudah menyalurkan KPR senilai Rp. 83.1 triliun per kuartal III-2013.

BRI, BTN, layanan bank, perbankan

Sedangkan BNI hanya senilai Rp. 31.8 triliun. Karena fokus bisnis dan pengalaman bisnis yang berbeda, banyak pelaku pasar yang menilai negatif atas rencana akuisisi terhadap BTN yang dilakukan oleh BRI tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Pardomuan Sihombing sebagai pengamat pasar modal dari Recapital Asset Management.

Pardomuan mengatakan bahwa pengalaman BRI untuk melakukan akuisisi masih awam dan belum teruji. Jika menilik kebelakang, Bank BRI mengakuisisi Bank Agro di tahun 2011. Sayangnya, bank tersebut tidak berkembang secara maksimal.

Berdasarkan data, per kuartal III-2013 saja aset Bank Agro yang sebesar Rp. 4.7 triliun dengan laba Rp. 25.2 miliar justru menurun jika dibandingkan dengan tahun 2012 lalu. Kalaupun harus dibandingkan maka Pardomuan lebih memilih Bank Mandiri karena sudah memiliki pengalaman yang mumpuni dengan hasil yang memuaskan pula.

Ketimbang melakukan akuisisi terhadap BTN, Pardomuan lebih menyarankan agar BTN melakukan merger dengan Bank Mandiri. Singkatnya, akuisisi ini nantinya harus memberikan dampak kepada keduabelah pihak. BRI juga disarankan untuk tidak mengubah alur bisnisnya karena pengusaan dalam UKM sudah sangat kuat dan besar.

BRI, BTN, layanan bank, perbankan

BACA JUGA:

5,7% Menjadi Level Awal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun Ini

Kabar Segar Tentang Nilai Tukar Rupiah Dengan Dukungan Lelang SUN

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *