Teropong Bisnis | Homepage
PT Bank Mutiara Tbk Akhirnya Memperoleh Suntikan Modal

PT Bank Mutiara Tbk Akhirnya Memperoleh Suntikan Modal

0 Comments 🕔23.Dec 2013

Kabar baik sedang dirasakan oleh PT Bank Mutiara Tbk. Pasalnya, Bank Mutiara akan mendapatkan suntikan modal. Suntikan modal tersebut berasal dari Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Hal ini juga disambut baik oleh Bank Indonesia atau BI selaku pengawas perbankan. Atas tindakan Lembaga Penjamin Simpanan ini, Gubernur BI, Agus D.W.Martowardojo bahwa BI akan menjalankan fungsi pengawasan karena pihaknya adalah pihak regulator.

Intinya, proses penyaluran dana yang dikucurkan pada PT Bank Mutiara Tbk tersebut akan diawasi penuh oleh Bank Indonesia. Bukti bahwa Bank Indonesia menyambut baik usulan ini adalah adanya respon yang tepat waktu dari BI. Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan bahwa industri perbankan di Indonesia terus sehat dan bahkan mampu mendorong aktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Tentu saja, Bank Indonesia akan menjalankan sesuai kapasitasnya yaitu untuk terus mengawasi aktivitas perbankan di Indonesia. Perlu diketahui bahwa BI akan menjalankan tugas pengawasan ini hingga 31 Desember 2013 mendatang. Setelah itu atau tepatnya 1 Januari 2014 fungsi pengawasan tersebut akan dialihkan kepada Otoritas Jasa keuangan atau OJK.

Selama manjalankan fungsi pengawasan tentu saja Bank Indonesia akan melakukan evaluasi. Jika memang ada yang harus disampaikan kepada manajemen atau pemegang saham maka pihaknya akan segera menyampaikan hal tersebut secara langsung. Alasan diberikannya tambahan modal kepada PT Bank Mutiara Tbk atau eks Bank Century ini adalah karena rasio kecukupan modalnya.

bank mutiara

Sebagai informasi, rasio kecukupan modal atau biasa disebut capital adequacy ratio atau CAR Bank Mutiara tidak lebih dari 8% saja. Karena itulah, Bank Indonesia meminta LPS untuk memberikan suntikan modal kepada bank tersebut. Terkait dengan jumlah suntikan modal yang diberikan kepada pihak PT Bank Mutiara Tbk, Bank Indonesia mengungkapkan bahwa LPS akan menyesuaikan dengan profil resiko bank tersebut.

Kisaran modal yang akan diberikan kepada bank tersebut adalah 11% hingga 14%. Jika akhirnya pemegang saham harus menaikkan modal mereka untuk mendukung Bank Mutiara itu artinya modal yang diberikan kurang dari kisaran tersebut. Dengan sambutan baik dari Bank Indonesia dan LPS ini diharapkan mampu menghidupkan aktivitas perbankan Bank Mutiara seperti sedia kala.

Dari informasi yang didapatkan, LPS akan membantu penambahan modal untuk Bank Mutiara sekitar Rp. 1.5 triliun. Jumlah ini memang sudah di atas ketentuan Bank Indonesia. Pihak LPS yang diwakili oleh Samsu Adi Nugroho mengatakan bahwa pihaknya juga tidak perlu meminta persetujuan DPR untuk penambahan modal tersebut.

Di sisi lain, pihak DPR melalui Wakil Ketua Komisi XI DPR, Harry Azhar Azis menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu perintah dari pimpinan terkait dengan tambahan modal untuk Bank Mutiara. Terkait hal ini, Bank Indonesia juga mengaku sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan LPS agar semuanya menjadi jelas dan tuntas.

bank mutiara

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *