Teropong Bisnis | Homepage
Perkembangan PT. Bank Kesawan dari Waktu ke Waktu

Perkembangan PT. Bank Kesawan dari Waktu ke Waktu

0 Comments 🕔20.Nov 2013

Anda pernah mendengar mengenai QNB Kesawan? Jika belum, berikut ini sejarah singkat berdirinya institusi keuangan tersebut. Pelopor berdirinya QNB Kesawan adalah 2 orang Cina yaitu Khoe Tjin Tek dan Owh Chooi Eng. Sekitar 100 tahun yang lalu atau sekitar 1913, mereka memiliki ide untuk mendirikan NV Chunghwa Shangyeh atau The Chinese Trading Company Limited.

Lokasi dari institusi ini adalah di Medan. Kala itu, mereka bertindak sebagai Direktur Utama dan Komisaris Utama. Institusi ini menekankan pada bidang simpan pinjam keuangan. Selain itu, mereka juga memusatkan diri pada bidang perdagangan umum. NV Chunghwa Shangyeh resmi menjadi Bank Umum pada tahun 1958.

4 tahun kemudian, bentuk usaha mereka akhirnya berganti menjadi Perseoran Terbatas. Mereka tetap menggunakan nama yang sama hanya menjadi PT. Bank Chunghwa Shangyeh. Namun, untuk memantapkan posisi Bank dan mengembangkan usaha maka di tahun 1965, Bank ini akhirnya berganti nama menjadi PT. Bank Kesawan.

Dengan berbagai pertimbangan, kantor pusat yang awalnya berada di Medan akhirnya dipindahkan juga ke Jakarta sekitar tahun 1990. Bisnis mereka maju pesat hingga akhirnya mendapatkan persetujuan menjadi Pedagang Valuta Asing di tahun 1995. Tidak berhenti sampai di situ, 1 tahun kemudian tepatnya 1996, PT. Bank Kesawan juga mendapatkan ijin menjadi Bank Umum Devisa ataupun Bank Persepsi.

Dengan dikukuhkannya Bank ini menjadi Bank Persepsi, itu artinya Bank Kesawan dipercaya untuk menerima pajak. Tahun 1998 yang merupakan tahun krisis di Indonesia menjadi kesulitan tersendiri. Tapi, Bank Kesawan mampu membuktikan eksistensinya. Bahkan, bank ini akhirnya masuk kategori “A” yang dinilai oleh Bank Indonesia.

Selain mendapatkan kategori A dari BI, Bank ini juga mendapatkan prestasi berupa penghargaan sebagai salah satu Bank Berkinerja Terbaik di tahun 2000. Bank Kesawan masuk dalam beberapa kategori dari majalah independen perbankan yaitu Info Bank. Untuk mengikuti perkembangan zaman, 2 tahun kemudian mereka juga mengubah sistem operasional manual menjadi sistem online untuk seluruh cabang.

Di tahun yang sama, PT. Bank Kesawan akhirnya menjadi Bank Publik dengan Penawaran Saham Umum Perdana yang mencapai 78.8 juta lembar. Saat itu, penawaran dilakukan melalui Bursa Efek Jakarta. Waran Seri I juga dikeluarkan dengan waktu pelaksanaan dari tahun 2003 hingga 2005. Di tahun 2009, Bank Kesawan melakukan Penawaran Umum Terbatas I.

Penawaran ini ditujukan kepada pemegang saham dengan tujuan untuk penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau HMETD. Penawaran dilakukan mencapai 125.304.750 lembar saham yang nilainya sebesar Rp. 40.097.520.000. Penawaran Umum Terbatas II atau PUT II dilakukan pada tahun 2011 juga untuk memperoleh penerbitan HMETD.

Penawaran meningkat mencapai 2.935.263.768 atau sebesar Rp. 733.815.942.000. salah satu Bank yang bertindak sebagai pembeli siaga adalah Qatar Nasional Bank S.A.Q. Dengan meningkatkan permodalan Bank maka terjadi beberapa perubahan termasuk Pemegang Saham Kendali. Akhirnya, Pemegang Saham Kendali dipengang oleh Qatar National Bank S.A.Q.

 

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *