Teropong Bisnis | Homepage
Perjalanan Bank Mega Syariah Menjadi Terbaik Di Dunia Perbankan Syariah Nasional

Perjalanan Bank Mega Syariah Menjadi Terbaik Di Dunia Perbankan Syariah Nasional

0 Comments 🕔07.Jan 2014

Bank Mega Syariah lahir pada tahun 2001. Hal ini dimulai setelah CT Corpora melalui PT Para Global Investindo dan PT Para Rekan Investama, mengakuisisi PT Bank Umum Tugu (Bank Tugu). Bank Tugu sendiri sudah berjalan sejak 14 Juli 1990.

Pemilik saham yang baru memang ingin mengubah bank umum konvensional menjadi bank umum syariah. Pada 27 Juli 2004 Bank Indonesia memberikan izinnya. Akhirnya Bank Tugu diubah menjadi PT Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI). Hal ini menjadi yang pertama dalam sejarah perbankan Indonesia.

25 Agustus 2004, BSMI mulai beroperasi. Pada 7 November 2007, pemegang saham memutuskan untuk mengubah logo BSMI. Dipilih desain logo yang sesuai dengan sister company-nya yaitu PT Bank Mega, TBK., dengan warna berbeda. Dan, nama PT Bank Mega Syariah digunakan sejak 2 November 2010.

Visi bank ini adalah “Bank Syariah Kebanggaan Bangsa”. Untuk mewujudkannya, CT Corpora yang memegang saham mayoritas memperkuat modal bank. Hal ini dilakukan untuk menjadikan bank ini menjadi yang terbaik di industri perbankan syariah nasional.

Peningkatan modal ini dilakukan agar Bank Mega Syariah mampu bertahan. Dan, yang paling penting, bank ini dapat memberikan layanan terbaik untuk nasabah.

bank mega syariah, perbankan, layanan bank, bisnis

Tahun 2010, pemegang saham mewujudkan hal ini. Pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), modal dasar ditingkatkan dari Rp. 400 miliar menjadi Rp. 1,2 triliun. Modal disetor juga ditambah dari Rp. 150,060 miliar menjadi Rp. 318,864 miliar.

Semua pihak di dalam Bank Mega Syariah juga berusaha berjuang keras, terbuka dan profesional dalam menjalankan usaha ini. Hal itu tampak dengan banyaknya produk yang dibuat untuk kebutuhan masyarakat. Selain itu, proses ini juga didukung oleh infrastruktur layanan perbankan yang semakin baik, termasuk 393 jaringan bank di seluruh Indonesia.

Tahun 2008 Bank Mega Syariah memasuki pasar perbankan mikro dan gadai. Hal ini dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan mewujudkan semboyan bank “Untuk Kita Semua”. Langkah ini bertujuan untuk turut serta meningkatkan perekonomian umat, yang didominasi oleh usaha mikro dan kecil.

16 Oktober 2008, Bank Mega Syariah menjadi bank devisa. Artinya, jangkauan layanan bank ini tidak hanya mencakup area domestic, tetapi juga internasional. Hal ini juga yang menjadi salah satu momen penting yang membuat Bank Mega Syariah menjadi salah satu yang terbaik di perbankan syariah Indonesia.

Pada 8 April 2009, Departemen Agama Republik Indonesia (Depag RI) memberi izin bank ini menjadi penerima setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPS BPIH). Artinya, Bank Mega Syariah tersambung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Depag RI bersama tujuh bank umum lainnya. Dan, dari sini, Bank Mega Syariah semakin membuktikan kualitas bank sebagai penyedia layanan perbankan syariah untuk umat di Indonesia.

bank mega syariah, perbankan, layanan bank, bisnis

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *