Teropong Bisnis | Homepage
Performa Bank BNI Syariah Hingga Tahun 2013

Performa Bank BNI Syariah Hingga Tahun 2013

0 Comments 🕔03.Jan 2014

Sistem perbankan syariah memang terbukti tangguh dalam berbagai kondisi ekonomi. Coba Anda lihat performa bank syariah saat terjadi krisis moneter di tahun 1997 yang lalu. Hal ini karena bank syariah menggunakan 3 pilar utama yaitu adil, transparan dan maslahat. Intinya, bank syariah membuktikan dirinya mampu menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat khususnya untuk sistem perbankan yang lebih adil.

Hal ini juga yang mendasari berdirinya Bank BNI Syariah. Bank ini resmi didirikan pada tanggal 29 April 2000. Saat itu, terdapat 5 kantor cabang yang berada di beberap daerah yaitu Yogyakarta, Malang, Pekalongan, Jepara, dan Banjarmasin. Dengan perkembangan yang cukup signifikan, Bank BNI Syariah akhirnya terus berkembang hingga memiliki 28 kantor cabang dengan 31 kantor cabang pembantu.

Untuk memudahkan Anda sebagai nasabah, pihak BNI Syariah juga melakukan pelayanan di kantor cabang BNI konvensional. Tidak tanggung-tanggung, BNI Syariah memiliki setidaknya 1500 outlet di seluruh Indonesia. Sesuai dengan nama bank tersebut, tentu pihaknya terus berupaya untuk memperhatikan kepatuhan terhadap aspek syariah.

Hal ini dibuktikan dengan adanya pengujian setiap produk kepada DPS atau Dewan Pengawas Syariah. Jika produk tersebut sudah diedarkan di masyarakat khususnya nasabah itu artinya produk tersebut sudah memenuhi aturan syariah dan sesuai standar yang berlaku. Perkembangan Bank BNI Syariah dari tahun ke tahun juga tidak lepas dari peran pemerintah.

bni syariah, bank bni, ekonomi, perbankan

Dalam hal ini, pemerintah Indonesia memang sangat mendukung untuk berkembangnya perbankan syariah di Indonesia. Hal ini ditambah dengan tingkat kesadaran masyarakat akan manfaat produk-produk perbankan syariah yang semakin kuat khususnya yang disediakan oleh Bank BNI Syariah. Tidak heran jika hingga saat ini Bank ini sudah sangat berkembang pesar.

Hingga September 2013 saja, jumlah cabang BNI Syariah mencapai 64 kantor cabang. Selain itu, kantor cabang pembantu juga mengalami peningkatan jumlah yang signifikan yaitu mencapai 161 kantor cabang pembantu. Perkembangan ini didukung pula oleh 17 kantor kas, 22 mobil layanan gerak dan 16 payment point.

Status UUS BNI pun meningkat dengan ditetapkanya status UUS yang temporer. Terkait dengan hal tersebut, akhirnya pada tanggal 19 Juni 2010 Bank BNI Syariah resmi beroperasi tidak lagi sebagai UUS namun beralih menjadi Bank Umum Syariah atau BUS. Realisasi ini tidak lepas dari regulasi yang juga sangat kondusif.

Contohnya, Bank BNI Syariah sangat terdukung dengan adanya UU No. 19 tahun 2008 mengenai Surat Berharga Syariah Negara atau SBSN. Hal ini termasuk adanya UU No. 21 tahun 2008 mengenai Perbankan Syariah. Jika Anda berencana untuk menyimpan uang atau melakukan aktivitas perbankan lain melalui Bank Syariah, ada baiknya untuk mempertimbangkan referensi di atas.

Setidaknya, Bank BNI Syariah telah membuktikan komitmennya hingga saat ini dan terus dipercaya oleh nasabahnya.

bni syariah, bank bni, ekonomi, perbankan

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *