Teropong Bisnis | Homepage
Pengaruh Kenaikan Suku Bunga Kredit Terhadap Properti dan Otomotif

Pengaruh Kenaikan Suku Bunga Kredit Terhadap Properti dan Otomotif

0 Comments 🕔29.Nov 2013

Eric Sugandi selaku Ekonom Standard Chartered Bank memprediksi akan adanya kenaikan suku bunga kredit. Di sisi lain, kenaikkan ini tidak akan terlalu berimbas pada sektor otomotif dan properti. Memang, akan ada sedikit efek dari kenaikan suku bunga kredit tersebut. Namun, dampak tersebut diprediksi tidak akan mempengaruhi penjualan.

Prediksi ini dilihat dari data penjualan otomotif terakhir yang masih menunjukkan adanya kenaikkan. Kemungkinan yang akan terjadi adalah adanya perlambatan kredit namun tren penjualan akan masih terus positif. Hal ini juga dikarenakan pengalaman sebelumnya dimana Bank Indonesia memutuskan batasan down payment atau DP menjadi 25% diikuti kenaikan BI rate pada bulan-bulan sebelumnya.

Dalam kondisi seperti itu saja, penjualan di sektor otomotif terus menunjukkan peningkatan. Penurunan hanya terjadi pada bulan September tapi kemudian naik lagi. Penurunan pada bulan September tersebut juga karena adanya alokasi untuk lebaran. Kalaupun akhirnya akan terjadi perlambatan penjualan sektor otomotif, maka hal tersebut akan terjadi minimal tahun depan.

Eric tetap kukuh pada prediksinya bahwa walaupun akan terjadi perlambatan tapi tren penjualan masih akan tetap positif. Bahkan menurutnya, masyarakat Indonesia akan terus membeli mobil dan tidak peduli jika suku bunga kredit dinaikan. Ini karena kebutuhan transportasi juga sangat mendesak. Ini juga dikarenakan sarana transportasi umum masih belum sesuai.

Karena 2 alasan tersebut, masyarakat akan tetap memilih untuk membeli mobil  apapun yang terjadi termasuk kenaikan suku bunga kredit dan DP. Sama halnya dengan yang terjadi pada sektor properti. Memang, Kredit Pemilikan Rumah atau KPR akan naik. Namun, hal ini juga tidak akan mempengaruhi properti khususnya untuk kelas menengah ke bawah.

Intinya, apartemen dan rumah tidak akan mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Ia menilai bahwa permintaan rumah dan apartemen kelas menengah akan terus berada pada tren positif. Hal ini karena properti merupakan salah satu kebutuhan pokok di masa sekarang ini. Alhasil, masyarakat akan tetap rela membayar berapapun termasuk jika memang ada kenaikan suku bunga kredit.

Sebelum adanya kenaikan ini, Muhammad Chatib yang merupakan Mentri Keuangan mengatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN periode 2014 akan menekankan pada stabilitas ekonomi dan tidak menekankan untuk mendorong pertumbuhan. Saat ini, perekonomian Indonesia mengalami masalah pada faktor eksternal yang berhubungan dengan kebijakan tapering off oleh Bank Sentral Amerika Serikat.

Masalah lainnya ada pada faktor internal yang berhubungan dengan defisit transaksi berjalan. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah dan Bank Indonesia untuk menekan masalah tersebut adalah dengan memperketat kebijakan moneter dan fiskal.

Prediksi Eric sendiri masih harus dibuktikan jika memang suku bunga kredit benar-benar dinaikan apakah akan terjadi pergolakan pada sektor otomotif dan properti atau tidak.

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *