Teropong Bisnis | Homepage
Penambahan Modal Baru CIMB Group 13,1 T

Penambahan Modal Baru CIMB Group 13,1 T

0 Comments 🕔22.Jan 2014

Penerbitan sebanyak 500 juta saham telah diumumkan CIMB Group hari kemarin. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih menguatkan posisi modalnya. Saham yang sudah diterbitkan itu setara dengan 6,08 persen dari modal saham yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu akan menyusul juga transaksi penempatan langsung melewati proses sebuah penawaran terbatas.

Saham baru yang diterbitkan oleh CIMB Group ini ditawarkan dengan nominal yang berada di bawah harga rerata tertimbang volume. Harga per saham yang ditawarkan adalah sebesar 7,10 Ringgit Malaysia. Harga ini berada 2 persen di bawah harga saham pada hari Jumat, 10 Januari kemarin yaitu seharga 7,26 Ringgit Malaysia. Peroleh maksimal dari seluruh saham yang baru saja diterbitkan akan mencapai sebesar 3,55 miliar ringgit Malaysia. Dana sebesar itu setara dengan dengan Rp 13,1 triliun dengan perhitungan Rp 3.688 per ringgit malaysia.

Sri Nazir Razak yang merupakan Group Chief Executive dari CIMB Group Dato mengungkapakan kesenangan dalam sebuah keteranagn tertulis hari Selasa kemarin.  CIMB Group merasa senang bisa menghimpun dana secara singkat  dari CET1 (Common Equity Tier I). Penghimpunan yang tidak sedikit, bahkan dalam jumlah yang sangat besar untuk memperbesar modal yang ada. Penghimpunan modal dari CET1 ini adalah imbas dari nilai rupiah yang turun drastis di sepanjang 2013. Hal ini membuat CIMB Group mempunyai kendala dalam rencana untuk mengakumulasi modal yang ada. Sehingga langkah cepat yang harus diambil adalah mereposisi modal. Hal ini dilakukan untuk menjaga laju dari pertumbuhan usaha yang telah dibangun.

Menurut apa yang disampaiakn oleh Nazir, dengan adanya emisi baru, CET1 dari CIMB Group pada 30 Septemeber 2013 merangkak naik yang semula adalah 8,2 persen, kini menjadi 9,7 persen. Penempatan equity yang baru dari perusahaan yang dilakukan untuk investor baik dalam ataupun luar negeri dilakukan pada hari Senin. Kemudian sepanjang dari hari kerja tersebut, perdagangan dari saham perusahaan yang ada di Bursa Malaysia mulai ditangguhkan.

CIMB group, bank niaga, perbankan, modal bank, layanan bank

Jumlah dari pesanan yang masuk ternyata melebihi dari penawaran yang diberikan. Hal ini membuat CIMB Group menambah jumlah volume saham sebesar 25 persen. Sehingga jumlah awal yang hanya 400.000.000 berubah menjadi 500.000.000 saham. Kenaikan yang lumayan tinggi ini menjadi pertanda bahwa masih banyak investor lokal maupun mancanegara yang masih yakin dengan CIMB Group. Berarti kinerja serta strategi petumbuhan yang sudah dilakukan oleh CIMB Group masih berada dalam rel yang benar.

Nazir mengungkapkan kembali bahwa dengan adanya modal baru ini, CIMB akan dapat mengatasi gejolak yang sedang melanda pasar keuangan dunia. Dan juga tentunya CIMB akan terus berusaha untuk mengembangkan usaha yang sudah menjadi tujuan awalnya.

CIMB group, bank niaga, perbankan, modal bank, layanan bank

BACA JUGA:

Citibank Reward, Tak Sekedar Kartu Kredit

Gambaran Singkat tentang Seluk Beluk Bank Mandiri, Banknya Orang Indonesia

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *