Teropong Bisnis | Homepage
Mengenal Cara Kerja Transfer ATM

Mengenal Cara Kerja Transfer ATM

0 Comments 🕔22.Jan 2014

Perkembangan zaman serta teknologi begitu pesat. Berbagai macam teknologi baru muncul untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas serta memenuhi kebutuhannya. Semakin hari, apa yang Anda inginkan bisa Anda dapatkan tanpa harus menunggu proses yang sangat lama. Semua bisa di dapatkan dengan serba instan. Salah satunya adalah perkembangan luar biasa dalam dunia perbankan. Yang mana Anda bisa menerima uang dari siapa saja, kapan saja, dimana saja dalam waktu singkat. Bahkan Anda juga bisa mengambilnya kapan pun. Tanpa Anda harus menunggu proses pengiriman yang begitu lama.

Di dalam dunia perbankan, muncul sebuah teknologi yang sangat sering Anda gunakan. Teknologi itu adalah ATM atau sering disebut dengan Automated Teller Machine. Dengan adanya ATM ini Anda bisa mengirim atau menerima uang kapan pun, tanpa harus mengantri di dalam bank.

Kemudian muncul sebuah pertanyaan. Bagaimana bisa hanya dengan menekan tombol transfer, uang Anda bisa terkirim bahkan menuju Bank yang berbeda sekalipun? Untuk memahami mekanisme ATM ini, ada sedikit penjelasan singkatnya.

mesin ATM, transfer uang, perbankan, layanan bank

Sebelumnya, hampir semua dari negara maju yang disatukan dalam G-10 countries menerapkan sebuah sistem bernama Real-Team Gross Settlement atau RTGS. Sistem ini mereka gunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi atau transfer antar bank. Langkah yang serupa juga telah dilakukan oleh beberapa negara di Asia-Pasifik, misalnya Korea, Hong Kong, China, Australia, Thailand, dan New Zeland. Termasuk juga di dalamnya Indonesia juga telah menarapkan sistem ini. Tepatnya adalah pada 17 November 2000. Sistem RTGS yang digunakan diberi nama dengan Bank Indonesia Real-Time Gross Setelement atau BI-RTGS.

Sistem BI-RTGS merupakan sebuah proses penyelesaian pada akhir transaksi sebuah pembayaran. Penyelesaian ini dilakukan dengan cara per transaksi yang terjadi. Dan tentunya sistem ini memiliki sifat real time atau selalu update. Yang mana rekening yang dimiliki oleh anggota bisa dikredit atau didebit berkali-kali dalm waktu sehari yang disesuiakan dengan perintah untuk pembayaran dan untuk penerimaan pembayaran.

Dengan mekanisme sistem BI-RTGS ini, setiap orang yang mengirim melewati terminal RTGS yang berada di tempatnya. Kemudian pengirim mentransmisikan sebuah transaksi pembayaran menuju pusat yang akan melakukan pengolahan dari sistem RTGS atau RTGS Central Computer (RCC) yang berada di Bank Indonesia dalam rangka memproses settlement.

Apabila proses settlement ini berhasil, transaksi dari pembayaran tersebut akan diforwardkan secara ototmatis serta elektronis menuju kepada peserta yang menjadi penerima. Keberhasilan dari proses ini tergantung dari jumlah saldo yang dimiliki oleh pengirim. Sebab di dalam sistem BI-RTGS setiap peserta hanya boleh mengkredit perserta yang lain.

Artinya bahwa setiap peserta dari BI-RTGS harus menunjukkan bahwa saldo di rekeningnya yang ada di Bank Indonesia adalah mencukupi sebelum ia melaksanakan transfer menuju peserta dari BI-RTGS yang lain. Sebagaimana dengan sisitem RTGS yang ada di dunia, maka BI-RTGS juga menggunakan sistem yang sama, yaitu V-shaped structure. Di dalam struktur V-shaped ini, semua informasi yang ada dalam sebuah transaksi akan diterima oleh RCC dari peserta pengirim. Kemudian setelah itu, data tersebut akan dikirmkan kepada penerima jika Bank Indonesia telah men-settle transasksi tersebut.

 mesin ATM, transfer uang, perbankan, layanan bank

BACA JUGA:

Perkembangan Performa BCA Syariah

Performa Bank BNI Syariah Hingga Tahun 2013

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *