Teropong Bisnis | Homepage
Layanan Perbankan Kolaborasi BRI dan Telkom

Layanan Perbankan Kolaborasi BRI dan Telkom

0 Comments 🕔24.Oct 2013

Untuk lebih memaksimalkan akses masyarakat terhadap layanan perbankan, Telkom bekerjasama dengan BRI berencana meluncurkan sebuah layanan. Layanan kolaborasi ini diberi nama T-Bank. Rencananya, BRI dan Telkom akan meluncurkan layanan ini pada Desember 2013 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Briliyan Farid Fatoni selaku Divisi Enterprise Services Segmen Banking Management Services atau BMS PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Ia mengatakan bahwa T-Bank merupakan layanan perbankan yang didesain untuk transaksi uang elektronik atau biasa disebut dengan e-money. Nantinya, layanan ini akan menggunakan nomor telepon seluler sebagai nomor rekening.

Dengan adanya layanan baru dari 2 perusahaan besar ini, diharapkan masyarakat yang masih belum mengenal perbankan akan mau menggunakan layanan bank. Harapannya, mereka akan menganggap layanan ini sangat mudah dan praktis kemudian memutuskan untuk menggunakan layanan perbankan. Layanan kolaborasi dari BRI dan Telkom ini bisa dikatakan layanan yang menekankan pada kemudahan dan kepraktisan karena nantinya Anda bisa melakukan berbagai transaksi perbankan melalui ponsel.

Transaksi tersebut mulai dari jual beli hingga penarikan uang tunai. Proses transaksi tersebut akan dibantu oleh beberapa agen yang tersebar di berbagai daerah dan sudah ditunjuk resmi oleh BRI. Di lain pihak, Bonar Sinaga selaku pemimpin BRI cabang Sombaopu, masyarakat khususnya nasabah bisa melakukan transaksi setoran melalui mobile banking.

Kabar baiknya, masyarakat yang bukan nasabah BRI masih bisa melakukan transaksi melalui agen-agen T-Bank yang sudah ditunjuk. Lebih lanjut lagi, penarikan tunai dapat dilakukan menggunakan ATM BRI, e-Buss BRI, Teras Keliling dan tentunya agen resmi yang sudah ditunjuk. Uniknya, registrasi rekening T-Bank dapat dilakukan melalui telepon.

Layanan ini akan dikenakan saldo maksimal yaitu senilai Rp. 1.000.000. Sedangkan bagi Anda yang ingin melakukan registrasi melalui agen-agen resmi maka saldo maksimalnya adalah Rp. 5.000.000. Sebagai tahap awal, T-Bank sudah resmi diluncurkan pada tanggal 20 Juni 2013 yang lalu yang berlokasi di Thamrin City, Jakarta.

Peresmian layanan ini ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian kerjasama oleh Djarot Kusumayakti selaku Direktur Bisnis UMKM BRI, A. Toni Soetirto selaku Direktur Konsumer Bank BRI dan M. Awaluddin selaku Direktur Enterprise and Wholesales PT. Telkom Indonesia. Selaku rekan kerja, Telkom sendiri akan menyiapkan infrastruktur teknis layanan ini seperti sistem dan aplikasi.

Sekretaris Perusahaan BRI, Muhammad Ali, layanan baru yang bekerjasama dengan Telkom ini merupakan salah satu wujud komitmen BRI yang merupakan salah satu bank peserta uji coba layanan Branchless Banking.

Lebih lanjut, Branchless Banking sendiri sudah diluncurkan oleh Bank Indonesia pada 15 Mei 2013 yang lalu. Intinya, dengan menggunakan layanan T-Bank, Anda tidak perlu memiliki rekening bank BRI walaupun Anda ingin melakukan transfer atau tarik uang. Anda cukup menggunakan handphone biasa bahkan tidak harus Smartphone. Anda hanya perlu menggunakan nomor HP dari Telkomsel dengan menekan *212# kemudian ok atau call.

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *