Teropong Bisnis | Homepage
ICBC Indonesia, Jembatan Persahabatan China dan Indonesia

ICBC Indonesia, Jembatan Persahabatan China dan Indonesia

🕔16.Nov 2013

PT. Bank ICBC Indonesia lahir pada 28 September 2007, setelah Bank Halim Indonesia diakuisisi oleh Bank Industri dan Komersial China Limited. Hal ini menjadi contoh keberhasilan bank asal China untuk mengambil alih bank luar negeri. Setelah 5 tahun ICBC Indonesia akhirnya berhasil memperoleh dana terbesar dari pasar Indonesia.

Tahun 2010 asmpai 2012, ICBC Indonesia berhasil masuk dalam 50 bank teratas di Indonesia yang dipilih oleh Investor Indonesia. Hal ini dikarenakan ICBC berhasil menjadi perbankan dengan kinerja  terbaik pada Juli 2010, meraih penghargaan Top China’s Brand untuk kategori bank dari majalah Shen Yi, meraih penghargaan perusahaan Indonesia resiko manajemen 2012 oleh majalah bisnis dan aset ICBC Indonesia melebihi USD 2,4 miliar pada September 2012.

ICBC Indonesia juga aktif dalam kegiatan sosial. Contohnya, sumbangan untuk gempa di Wenchuan, provinsi Sichuan, Yunshu, provinsi Qinghai dan juga di Jawa Barat.

Tahun 2009, ICBC Indonesia mendirikan program untuk membantu anak yatim yang kehilangan orang tua karena tsunami, gempa bumi dan bencana lainnya.

Karena kontribusinya yang besar, Pemerintah Jakarta juga memberi nama halte bus “Berhenti di ICBC” didekat bangunan lama ICBC Indonesia pada Desember 2011.

Selain itu, ICBC Indonesia juga peduli dengan keadaan lingkungan. ICBC Indonesia ikut dalam tindakan mencegah global warming dengan penghematan energi, pengurangan penggunaan kertas dan lainnya, yang membuatnya menjadi bank yang ramah lingkungan.

Selain itu, ICBC Indonesia juga menyediakan beberapa layanan yang mengagumkan, seperti:

  1. Cross-border RMB Settlement

ICBC Indonesia menjadi jembatan ekonomi antara China dan Indonesia. Pemerintah China dan Indonesia juga telah menandatangai perjanjian RMB 100 miliar (CNY) dan perjanjian pertukaran Rupiah (IDR) untuk layanan ini. Layanan ini juga menambah pilihan mata uang untuk transaksi.

  1. Pembiayaan Perdagangan Internasional

Layanan ini dibuat untuk membantu importer dalam melakukan pembayaran. Pada layanan ini terdapat 2 macam bentuk pembayaran yang dapat dipilih, yaitu inward documentary bills dan outward documentary bills.

Inward Documentary Bills berfungsi sebagai pinjaman jangka pendek untuk pembiayaan import jangka pendek. Inward Documentary Bills dibedakan menjadi bill purchase under import letter of credit dan bill purchase under import collection. Dan metode pembayarannya menggunakan 2 cara yaitu proprietary fund dengan dasar pembayaran awal dan overseas agency payment dengan dasar sumber pendanaan.

Sedangkan Outward Documentary Bills adalah kredit jangka pendek yang disediakan oleh bank setelah adanya pengiriman barang untuk impor.

  1. Layanan Kartu Kredit

ICBC Indonesia juga menyediakan layanan kartu kredit melalui ICBC Card Center Indonesia. Layanan ini bertujuan untuk mempermudah transaksi untuk perjalanan bisnis. Dalam layanan ini, terdapat berbagai macam kartu yang dapat diperoleh, mulai dari kartu emas, kartu klasik, kartu platinum dan kartu komersial.

Dan, agar layanan selalu terjamin, ICBC Indonesia menggunakan Union-Pay China dan VISA. Dengan demikian, kartu kredit ICBC Indonesia dapat digunakan dengan mudah.

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan