Teropong Bisnis | Homepage
Gebrakan Bank BRI dengan Membuka Kantor Cabang di Kapal

Gebrakan Bank BRI dengan Membuka Kantor Cabang di Kapal

0 Comments 🕔27.Oct 2013

Untuk melayani masyarakat secara maksimal, PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk berusaha terus memperluas jaringan perbankan mereka keseluruh pelosok Indonesia. Salah satu inovasi unik yang akan dilakukan oleh BRI adalah dengan mengembangkan kantor cabang dengan bentuk kapal laut. Selaku Direktur Utama, Sofyan Basir dengan adanya kapal tersebut, diharapkan pelayanan Bank BRI semakin luas dan menjangkau daerah pelosok sekalipun. Hal ini terkait dengan fakta bahwa ada beberapa masyarakat yang masih belum tersentuh oleh akses perbankan.

Melihat fakta tersebut, tahun depan Perseroan ini akan meluncurkan kapal. Tidak tanggung-tanggung, pihaknya akan meluncurkan 2 kapal sekaligus untuk mendukung aktivitas perbankan di pelosok Indonesia. Dengan adanya 2 kapal ini, harapannya pihaknya mampu menjangkau antar pulau diantara 60 pulau di Indonesia. Progres hingga saat ini, pihak BRI masih terus mendesain kapal tersebut.

Tahap awal realisasi program ini adalah dengan mengoperasikan kapal di wilayah Kalimantan, Batam dan Nusa Tenggara Timur. Rencananya, kapal-kapal tersebut akan beroperasi  seminggu sekali dengan berkeliling mendekati masyarakat yang tinggal di pelosok tersebut. Walaupun kapal untuk berkeliling pelosok, namun kapal tersebut didesain dengan teknologi canggih dengan ukuran panjang 16 meter dan lebar 7 meter. Kapasitas kapal sendiri adalah 12 orang dan nantinya akan diisi oleh petugas BRI sebanyak 6 orang.

Jika respon 2 kapal tersebut baik dan diperlukan kapal tambahan, maka pihaknya akan menambah armada menjadi 6 kapal. Tentunya, ini terkait dengan kredit yang banyak dengan cabang yang banyak pula. Dengan kapal canggih ini, diharapkan Bank BRI mampu menjangkau daerah-daerah terluar pulau di Indonesia. Rencana peluncuran kapal untuk kantor cabang bergerak ini bukanlah gebrakan pertama Perseroan ini.

Sebelumnya, Bank ini juga berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi terbesar dan meluncurkan layanan bernama T-Bank. Layanan ini memiliki tujuan yang sama yaitu menjangkau masyarakat yang belum melek perbankan namun dengan pendekatan yang berbeda. Jika kapal ini menjangkau pelosok pulau maka T-Bank diharapkan menjangkau masyarakat desa yang sudah melek teknologi khususnya handphone. Keduanya menawarkan kemudahan akses perbankan bagi masyarakat desa dan pelosok.

Selain itu, untuk masyarakat menengah ke atas, BRI juga telah menjalankan roadshow ke beberapa mall untuk menggenjot kredit. Termasuk menyelenggarakan pameran properti dengan bunga KPR rendah. Tentunya, harapan akhir dari program-program tersebut adalah meningkatnya kesadaran masyarakat baik masyarakat menengah ke atas atau ke bawah akan fungsi perbankan. Setidaknya, mereka akan merasakan beberapa kemudahan bertransaksi dengan adanya fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh sektor perbankan.

Setidaknya, masyarakat pelosok akan sedikit lebih maju dengan adanya sentuhan sektor modern. Anda pun bisa jadi sudah merasakan keuntungan-keuntungan dengan adanya fasilitas tersebut. Hal itu juga yang akhirnya menggerakkan Anda untuk menjadi nasabah Bank BRI.

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *