Teropong Bisnis | Homepage
Dari Joint Venture, CBI Menjadi Yang Terbaik di Indonesia

Dari Joint Venture, CBI Menjadi Yang Terbaik di Indonesia

🕔13.Nov 2013

Commonwealth Bank Indonesia (CBI) adalah anak perusahaan dari Commonwealth Bank of Australia dan juga merupakan strategi perusahaan ini untuk mengembangkan bisnisnya di kawasan Asia Pasifik. Di Indonesia, Commonwealth Bank of Australia mendirikan kantor perwakilan pada tahun 1990.

Pada tahun 1997, Commonwealth Bank of Australia mendirikan perusahaan joint venture untuk menyediakan layanan perbankan untuk dunia bisnis. Dan tahun 2000, perusahaan patungan ini menjadi CBI dengan Commonwealth Bank of Australia sebagai pemegang saham terbesar.

Tahun 2007, CBI berencana untuk melakukan expansi dan mengembangkan dunia UKM dengan mengakuisisi salah satu bank yang mempunyai reputasi dan pengaruh kuat di Jawa Timur. Bank ini adalah Bank Artha Niaga Kencana (ANK). Hal ini juga bertujuan untuk mengembangkan usaha CBI sampai ke bagian Indonesia Timur. Akuisisi ini juga memperkuat layanan UKM CBI.

CBI juga fokus pada pengembangan layanan perbankan yang disediakan. Layanan yang tersedia saat ini mencakup Wealth Management services, Retail Banking, UKM Banking dan Wholesale Banking. Semua layanan ini dibuat untuk memberikan berbagai macam solusi yang dibutuhkan semua nasabah.

Layanan Retail Banking dari CBI menawarkan layanan deposito dan pinjaman, reksa dana, produk bancassurance. Layanan ini ditujukan untuk 4 kelompok nasabah. Pertama, untuk kelompok kelas menengah yang sedang tumbuh saat ini., individual dengan prospek menjanjikan, UKM dan Wholesale Banking.

Pada tanggal 31 Agustus 2012, tercatat CBI mempunyai 91 cabang di 32 kota besar yang akan terus dikembangkan untuk melayani nasabah yang juga terus berkembang. Selain itu, CBI juga membidik nasabah kelas menengah. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan fasilitas dan juga nilai layanan kepada nasabah.

Fasilitas yang diberikan sangat banyak, seperti ATM tanpa biaya tambahan dan Internet Banking.

Pada tanggal 30 Juni 2012, CBI mempunyai lebih dari 141 ATM di Indonesia. Dan, CBI berencana mengembangkan jaringan ATM ini dengan bekerjasama dengan ATM Bersama dan PRIMA/BCA. Dan, kerjasama ini menjadikan 40.000 ATM di seluruh Indonesia dapat digunakan oleh nasabah CBI.

Kerjasama diatas juga menyediakan kemudahan berbelanja untuk nasabah. Nasabah dapat menggunakan kartu ATM CBI mereka di 100.000 merchant di Indonesia sebagai kartu debit.

Selain itu, CBI juga menyediakan Mobile Banking yang dapat digunakan untuk berinvestasi reksa dana dan menempatkan deposito kapan saja dan dimana saja.

Menurut survei Synovate, CBI menempati posisi 1 untuk bank asing terbaik dan posisi ke 3 untuk bank di Indonesia dalam hal kualitas layanan. Selain itu, Fitch Ratings juga menempatkan CBI pada tahun 2010 sebagai “National Long-term AAA with a Stable Outlook”. Dan pada tahun 2011, CBI berhasil mempertahankan rating AAA ini.

Dan, Indonesia menjadi tempat yang pas untuk CBI sebagai anak perusahaan Commonwealth Bank of Australia untuk mengembangkan pasar Asia. Selain itu, Indonesia juga menjadi lahan subur untuk pertumbuhan layanan pinjaman, tabungan dan investasi.

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan