Teropong Bisnis | Homepage
BNI dari Masa ke Masa

BNI dari Masa ke Masa

0 Comments 🕔09.Oct 2013

Berdiri pada tanggal 5 Juli 1946, BNI menjadi bank pertama yang dimiliki Negara RI secara resmi. Selain itu, BNI juga menjadi pelopor penyedia layanan produk dan jasa perbankan, dan juga penciptaan bank untuk segementasi khusus, seperti Bank Terapung, Bank Sarinah, Bank Bocah dan lainnya.

Memasuki usia yang ke 67 tahun BNI dengan semangat “Tak Henti Berkarya” terus menciptakan inovasi baru dalam layanan perbankan. Dan juga menciptakan layanan dan produk yang mempunyai nilai lebih.

Beberapa bulan sejak BNI berdiri, tepatnya tanggal 30 Oktober 1946, bank ini berhasil mengedarkan alat pembayaran resmi RI. Uang ini dinamakan ORI atau Oeang Republik Indonesia. Dan, tanggal ini pula diperingati sebagai Hari Keuangan Nasional dan tanggal 5 Juli, tanggal berdirinya BNI, diperingati sebagai Hari Bank Nasional.

Tahun 1949, Pemerintah menunjuk De Javsche Bank sebagai Bank Sentral. Oleh karena itu, peran BNI dibatasi. BNI menjadi bank pembangunan yang kemudian memperoleh hak sebagai bank devisa dan mempunyai akses langsung transaksi luar negeri.

BNI akhirnya berubah menjadi bank komersial Pemerintah sejak tahun 1955 dengan adanya penambahan modal. Lalu, Bank Negara Indonesia mengubah nama menjadi BNI 46 sejak akhir tahun 1968 yang kemudian ditetapkan dengan nama Bank BNI pada tahun 1988.

Status hukum dan nama BNI berubah menjadi PT Bank Negara Indonesia (Persero) pada tahun 1992. Dan akhirnya, tahun 1996, diputuskan untuk merubah BNI menjadi perusahaan publik.

Selain sejarahnya yang panjang, BNI juga mampu beradaptasi terhadap segala kondisi lingkungan, teknologi maupun sosial budaya. Dan, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kualitas kerja BNI.

Pada tahun 2004, BNI kembali berubah. Identitas BNI diperbaharui untuk menggambarkan masa depan yang cerah dan keberhasilannya melewati masa-masa sulit.

Bank BNI dipersingkat menjadi BNI dan tahun berdirinya, ‘46” digunakan pada logo. Dan, sekali lagi, BNI menjadi bank nasional pertama di era NKRI. Pada akhir tahun 2012, 60% saham BNI dimiliki oleh Pemerintah dan sisanya dimiliki oleh publik.

Akhir tahun 2012, total aset BNI mencapai Rp. 333,3 triliun dengan 24.861 karyawan. BNI juga memperluas jaringan layanannya. Di dalam negeri sudah terdapat 1.585 outlet BNI.

Di luar negeri, BNI mempunyai 5 cabang yang berada di New York, London Tokyo, Hong Kong dan Singapura. BNI juga memiliki 8.227 unit ATM dan 42.000 EDC.

Untuk melayani pemakai internet, BNI juga menyediakan fasilitas internet banking dan SMS banking. Semua layanan ini didukung oleh perusahaan anak BNI, yaitu Bank BNI Syariah, BNI Muliti Finance, BNI Securities dan BNI Life Insurance Semua ini dilakukan agar nasabah BNI mendapatkan layanan terbaik baik didalam maupun luar negeri.

Dengan melihat total aset BNI, total kredit dan total dana pihak ketiga, BNI juga menjadi bank terbesar ke-4 di Indonesia.

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *