Teropong Bisnis | Homepage
Benarkah Buku Tabungan akan Hilang dari Perbankan?

Benarkah Buku Tabungan akan Hilang dari Perbankan?

0 Comments 🕔01.Oct 2013

Buku tabungan, atau biasa disebut passbook, adalah sebuah buku yang berisi informasi tentang jumlah simpanan nasabah pada rekening tabungan mereka. Buku ini dikeluarkan oleh bank bersangkutan dan biasanya diperlihatkan saat melakukan transaksi perbankan.

Namun, di jaman serba canggih seperti sekarang ini, penggunaan buku tabungan semakin menurun. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda juga jarang menggunakan buku tabungan? Atau mungkin Anda malah jarang mendatangi bank untuk melakukan transaksi?

Perkembangan teknologi membuat bank juga turut mengembangkan sistem pelayanan mereka. Dewasa ini hampir semua bank di Indonesia sudah mempunyai sistem e-banking yang membuat nasabah dengan mudah melakukan transaksi perbankan via internet. Jadi nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah seperti menyetor atau menarik dana via ATM dan tidak perlu mengunjungi bank.

Sedangkan menurut beberapa bankir, buku tabungan memang akan segera menghilang dari dunia perbankan. Tina Tjintawati selaku Kepala Divisi Corporate Communication Bank OCBC NISP menyatakan bahwa memang buku tabungan semakin jarang digunakan. Apalagi, OCBC NISP memberi kebebasan kepada nasabah untuk melakukan transaksi perbankan melalui e-banking atau buku tabungan. Namun pihaknya tidak mengetahui secara pasti kapan hilangnya buku tabungan di dunia perbankan.

Sedangkan menurut Direktur Utama Bank DKI, Eko Budiwiyono, penggunaan buku tabungan adalah sesuatu yang tidak diperlukan lagi karena nasabah dapat mengakses informasi rekening via media elektronik. Bahkan, lanjutnya, buku tabungan juga sudah jarang digunakan di luar negeri.

Direktur Pemasaran Bank DKI, Mulyatno Wibowo, menyatakan bahwa kemungkinan besar transaksi perbankan akan lebih dilakukan melalui elektronik karena kemudahannya. Selain itu, dari pihak bank sendiri juga dapat menghemat biaya operasional.

Akan tetapi Muhammad Ali selaku Sekretaris Perusahaan Bank Rakyat Indonesia menyatakan bahwa penggunaan buku tabungan sebenarnya masih dibutuhkan. Menurutnya, tidak semua transaksi bisa dilakukan via e-banking, seperti pengajuan kredit dan mentransfer uang dalam jumlah tertentu. Akan tetapi Ali juga sepakat bahwa kemungkinan besar buku tabungan tidak dibutuhkan lagi pada dunia perbankan di masa depan. Hal ini dapat dilihat dari turunnya jumlah masyarakat yang mendatangi bank.

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *