Teropong Bisnis | Homepage
Bank Mandiri Kini

Bank Mandiri Kini

0 Comments 🕔17.Sep 2013

Tidak bisa dipungkiri bahwa kini Bank Mandiri boleh dikatakan sebagai salah satu bank besar di Indonesia yang melayani nasabah dengan lingkup yang cukup luas di seluruh Indonesia. Bank Mandiri boleh saja bukan merupakan bank yang sudah berjalan lama di sektor perbankan Indonesia mengingat Bank Mandiri baru didirikan tanggal 2 Oktober 1998.

Pendirian Bank Mandiri sendiri merupakan bagian dari program pemerintah Indonesia untuk mestrukturisasi perbankan di Indonesia. Ada empat bank yang dilebur ke dalam Bank Mandiri bulan Juli 1999, yakni Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor, dan Bank Pembangunan Indonesia yang masing-masing mempunyai peran yang penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia.

Segera setelah dibentuk, ada proses konsolidasi dan integrasi yang dilakukan untuk membuat platform perbankan yang paling kuat. Proses ini berlangsung dalam waktu tiga tahun dengan jumlah dana yang tidak sedikit yakni mencapai 200 juta dolar Amerika untuk menjadi perbankan ritel yang sesuai standar.

Mulai tahun 2005 hingga 2009, Bank Mandiri melakukan program transformasi tahap I yang terdiri dari tiga tahapan utama meliputi tahap back on track, tahap outperform the market, dan tahap shaping the end game untuk memperbaiki kinerja Bank Mandiri. Mulai tahun 2010 hingga tahun 2014, Bank Mandiri menjalankan program transformasi tahap II dengan memfokuskan diri pada tiga wilayah bisnis yang meliputi whosale transactionretail deposit & payment, dan retail financing.

Dengan program transformasi yang dijalankan untuk memperbaiki kinerja Bank Mandiri tersebut, Bank Mandiri sudah memiliki aset dengan total jumlah mencapai 551,9 triliun rupiah hingga Desember 2011. Jumlah ini termasuk fantastis karena jumlah aset ini berlipat ganda dari jumlah aset tahun 2006 yang mencapai 267 triliun rupiah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Bank Mandiri telah menjadi bank terbesar di Indonesia dengan kredit yang tumbuh menjadi 314,4 triliun rupiah dari jumlah 118 triliun rupiah pada tahun 2006. Keuntungan bersih Bank Mandiri meningkat hingga mencapai 12,2 triliun rupiah dari jumlah 2,4 triliun rupiah pada tahun 2006. Dengan jumlah simpanan dari pihak ketiga yang mencapai jumlah 422,3 triliun rupiah, Bank Mandiri layak mendapat predikat sebagai bank pemberi pinjaman dan bank penyimpanan terbesar di Indonesia. Salut!

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia

Gebrakan Baru BCA untuk Mendukung Transportasi di Indonesia 0

Ada kabar gembira bagi Anda pengguna lahan parkir di Jakarta. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM

PT BTPN Tingkatkan Sektor UMKM 0

PT BTPN akan mengupayakan untuk meningkatkan sektor yang ada di UMKM. Hal ini tentunya akan memberikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *