Teropong Bisnis | Homepage
Tidak Mau Kartu Kredit Bikin Anda Bangkrut? Baca Ini!

Tidak Mau Kartu Kredit Bikin Anda Bangkrut? Baca Ini!

0 Comments 🕔28.Aug 2013

Memiliki kartu kredit menjadi hal yang lumrah saat ini, apalagi bagi orang yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta. Jakarta memang merupakan kota metropolitan dimana memegang sebuah kartu kredit atau lebih dan menggunakannya untuk keperluan primer, sekunder, dan tersier adalah wajar. Kartu kredit seperti pisau bermata dua yang memiliki kelebihan dan kekurangan sekaligus. Bila Anda bijak dalam menggunakan kartu kredit dan sadar benar akan fungsi utama terciptanya kartu kredit, maka pastilah Anda tidak pernah merasa kebakaran jenggot bila tagihan kartu kredit datang.

Sebaliknya bagi Anda yang menganggap kartu kredit sebagai ‘penghasilan tambahan’, nah Anda harus segera tahu tips-tips untuk memperbaiki cara menggunakan kartu kredit dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan, agar Anda tidak merasa selalu ‘kebakaran jenggot’ setiap tagihan kartu kredit datang.

Spending Plan

Menurut seorang pakar perencana keuangan dari  ZAP Finance yang bernama Prita Ghozie, Anda harus memiliki spending plan atau rencana pengeluaran agar Anda tetap bisa bertahan selama satu bulan penuh dengan gaji bulanan Anda. Selain itu spending plan juga dibutuhkan untuk menghindari Anda dari bengkaknya tagihan kartu kredit di luar kemampuan Anda membayar.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membagi pos-pos kebutuhan seperti biaya hidup bulanan, tabungan atau alokasi dana untuk hal-hal di luar dugaan, dan untuk gaya hidup. Setelah menerima gaji bulanan, pastikan Anda langsung menyisihkan dana untuk tabungan, kemudian baru sisihkan untuk biaya hidup bulanan dan gaya hidup. Manfaatkan teknologi seperti e-money untuk menghemat pengeluaran Anda. E-money yang dimaksud adalah seperti e-toll card, e-parking card, pay card, dan lainnya.

Anda diperbolehkan menggunakan kartu kredit asalkan selalu mengingatkan diri sendiri untuk tidak tiba pada batas maksimum kredit. Jangan pernah membuka kartu kredit baru ketika Anda belum begitu bertanggung jawab dalam penggunaan kartu kredit terdahulu. Selain itu akan lebih baik bagi Anda untuk menggunakan kartu debit daripada kredit untuk mengetahui secara jelas tentang kemampuan finansial Anda.

tidakmaukartukreditbikinbangkrut3

Cara Menangani Tagihan Kartu Kredit

Bagaimana bila saat ini tagihan kartu kredit Anda sudah terlanjur membengkak? Segera hentikan penggunaan kartu kredit untuk pembayaran benda habis pakai seperti makanan, paket wisata, baju, atau benda lainnya yang tidak dapat dijual kembali bila Anda membutuhkan uang. Kemudian silahkan berhenti menggunakan kartu kredit apabila kartu kredit Anda hampir menyentuh batas penggunaan. Hal ini akan mudah Anda lakukan bila Anda terus menerus mengingatkan diri Anda sendiri.

Selain itu juga, jangan pernah tergiur dengan penawaran untuk membuka kartu kredit dari lembaga keuangan manapun sebelum Anda mampu membayar tagihan kartu kredit yang ada ditangan Anda sekarang. Jadilah bijak untuk menjaga kondisi keuangan Anda sendiri bila tidak ingin menyesal kemudian.

Similar Articles

4 Langkah Mudah Bebas Dari Masalah Kartu Kredit

4 Langkah Mudah Bebas Dari Masalah Kartu Kredit 0

Kartu kredit dikatakan sebagai alat pembayaran paling aman dan nyaman. Anda dapat pula menggunakan kartu ini hampir

6 Tips Ubah Kartu Kredit Menjadi Hal Terbaik Dalam Hidup Anda

6 Tips Ubah Kartu Kredit Menjadi Hal Terbaik Dalam Hidup Anda 0

Kartu kredit adalah cara bertransaksi yang paling mudah. Anda tidak perlu membawa uang tunai dan Anda

Kartu Kredit Mendominasi Dalam Aduan Masyarakat Ke BI

Kartu Kredit Mendominasi Dalam Aduan Masyarakat Ke BI 0

Kartu kredit menyediakan sistem pembayaran yang mudah dan aman. Hal ini mungkin juga Anda setujui, apalagi

Layanan Kartu Kredit Mandiri Hypermart Untuk Pecinta Traveling

Layanan Kartu Kredit Mandiri Hypermart Untuk Pecinta Traveling 0

Bank Mandiri terus memanjakan nasabahnya dengan meluncurkan kartu kredit. Kartu kredit tersebut diperuntukkan bagi Anda

BNI dan JCB Kompak Untuk Kartu Kredit Terbaik

BNI dan JCB Kompak Untuk Kartu Kredit Terbaik 0

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan Japan Credit Bureau (JCB) International Co Ltd menerbitkan kartu kredit baru. Kerjasama

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *