Teropong Bisnis | Homepage
Cicipi Kartu Kredit Lokal dengan Cita Rasa Indonesia

Cicipi Kartu Kredit Lokal dengan Cita Rasa Indonesia

0 Comments 🕔23.Oct 2013

Anda mempunyai kartu kredit? Banyak kartu kredit yang beredar di Indonesia adalah kartu kredit yang berasal dari perusahaan luar negeri, semacam MasterCard dan Visa. Memang, semua prinsipal kartu kredit atau lembaga yang menjalankan pembayaran adalah prinsipal kartu kredit asing.

Akan tetapi, mulai tahun depan Indonesia akan mempunyai kartu kredit sendiri. Kartu kredit lokal ini akan menjadi produk dari prinsipal asli dari dalam negeri. Sedangkan Singapura dan Malaysia sudah lebih dulu mempunyai kartu kredit lokal yang dikeluarkan prinsipal kartu kredit asli negara tersebut.

Salah satu bank yang akan mengeluarkan kartu kredit lokal ini adalah Bank Central Asia (BCA). Bank ini dalam waktu dekat akan mendirikan prinsipal kartu kredit asli Indonesia.

Menurut Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, pembentukan prinsipal lokal saat ini masih dalam pemrosesan. Dan, Jahja juga menambahkan bahwa target kartu kredit lokal ini akan diluncurkan tahun depan.

Tapi, bila kita melihat ke belakang, sebenarnya BCA sudah meluncurkan kartu yang mirip dengan kartu kredit lokal. Kartu ini dinamakan BCA Card. BCA Card mirip dengan kartu kredit dan bahkan kartu ini bisa digunakan di Singapura. Akan tetapi, anda hanya bisa menggunakannya di BCA saja.

BCA juga pernah mengembangkan kartu BCA jenis ini. BCA menggunakan jaringan ATM Prima yang membuat BCA Card bisa digunakan di wilayah yang lebih luas lagi. Jaringan ini dinamakan ATM BCA.

BCA akan bekerjasama dengan bank lain untuk menjadi prinsipal lokal ini. Tapi, Jahja belum mau menyebutkan nama-nama bank yang akan bekerjasama dengan BCA. Jahja menambahkan, saat ini BCA masih mengadakanpenjajakan untuk proses kerjasama ini.

Selain BCA, bank lain juga berencana untuk mendirikan prinsipal lokal. Salah satunya adalah Bank Mandiri.

Tarid, EVP Coordinator Consumer Fiannce Bank Mandiri mengatakan saat ini pihaknya sedang mempelajari tentang hal ini. Sedangkan menurut Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin, Bank Mandiri juga akan sama dengan BCA akan bekerjasama dengan bank lain untuk membentuk prinsipal lokal.

Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Ronald Waas mengatakan bahwa BI sangat mendukung perbankan untuk membentuk prinsipal lokal kartu kredit ini. Hal ini dikarenakan peluang dan potensi di sektor ini sangat besar.

Bila anda melihat besar nilai transaksi kartu kredit per tahun yang mencapai Rp. 180 triliun, 90 persen diantaranya adalah transaksi domestik, tambah Ronald. Jadi, akan lebih baik bila ada kartu kredit lokal agar biaya transaksi kartu kredit menjadi lebih murah.

Menurut Dodit Probojakti, Direktor Eksekutif Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), prinsipal kartu kredit lokal akan membuat biaya lebih efisien karena bank tidak perlu membayar royalti. Tapi, BI menambahkan, bahwa bank yang akan mendirikan prinsipal lokal juga harus mempunyai infrastruktur berkualitas.

Similar Articles

4 Langkah Mudah Bebas Dari Masalah Kartu Kredit

4 Langkah Mudah Bebas Dari Masalah Kartu Kredit 0

Kartu kredit dikatakan sebagai alat pembayaran paling aman dan nyaman. Anda dapat pula menggunakan kartu ini hampir

6 Tips Ubah Kartu Kredit Menjadi Hal Terbaik Dalam Hidup Anda

6 Tips Ubah Kartu Kredit Menjadi Hal Terbaik Dalam Hidup Anda 0

Kartu kredit adalah cara bertransaksi yang paling mudah. Anda tidak perlu membawa uang tunai dan Anda

Kartu Kredit Mendominasi Dalam Aduan Masyarakat Ke BI

Kartu Kredit Mendominasi Dalam Aduan Masyarakat Ke BI 0

Kartu kredit menyediakan sistem pembayaran yang mudah dan aman. Hal ini mungkin juga Anda setujui, apalagi

Layanan Kartu Kredit Mandiri Hypermart Untuk Pecinta Traveling

Layanan Kartu Kredit Mandiri Hypermart Untuk Pecinta Traveling 0

Bank Mandiri terus memanjakan nasabahnya dengan meluncurkan kartu kredit. Kartu kredit tersebut diperuntukkan bagi Anda

BNI dan JCB Kompak Untuk Kartu Kredit Terbaik

BNI dan JCB Kompak Untuk Kartu Kredit Terbaik 0

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan Japan Credit Bureau (JCB) International Co Ltd menerbitkan kartu kredit baru. Kerjasama

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *