Teropong Bisnis | Homepage
GRES Sebagai Pondasi Utama Sistem Perekonomian Perbankan di Indonesia

GRES Sebagai Pondasi Utama Sistem Perekonomian Perbankan di Indonesia

0 Comments 🕔08.Jul 2013

Industri perbankan dan juga institusi keuangan yang saat ini tengah berkembang mendorong perkonomian syariah di Indonesia untuk semakin berkembang pesat pula. Saat ini beberapa kebijakan baru yang akan dibuat di industri perbankan ini tengah menjadi wacana oleh beberapa pihak yang terkait didalamnya. Salah satunya adalah Pusat Kegiatan Ekonomi Syariah yang meluncurkan sebuah gerakan bernama GRES atau Gerakan Ekonomi Syariah. Munculnya pergerakan yang satu ini menunjukkan bahwa bisnis perbankan syariah kian dilirik oleh banyak masyarakat, terutama kaum investor. Dengan adanya peresmian dari GRES tersebut, diharapkan akan bisa semakin mengembangkan bisnis perbankan syariah baik itu di sektor promosi maupun sektor edukasi.

GRES-Sebagai-Pondasi-Utama-Sistem-Perekonomian-Perbankan-di-Indonesia-2

Bisnis Perbankan Syariah Masih Terintegrasi dengan Baik

Halim Alamsyah, Ketua PKES, yang juga sekaligus menjabat sebagai Deputi Gubernur BI ini, mengungkapkan bahwa ekonomi syariah sampai saat ini masih menjadi salah satu bisnis yang masif dan terintergrasi dengan lebih baik. Hal ini jelas dikarenakan banyaknya keberhasilan dari beberapa sektor bisnis yang dibawahi oleh perbankan syariah tersebut. Beliau juga menambahkan bahwa GRES sebenarnya sudah lama dirancang. Rencana pembentukan GRES sebenarnya sudah ada sejak tahuh 2003 lalu, sayangnya penerapannya baru dilakukan sekarang. Tahun ini dirasa merupakan tahun yang tepat bagi GRES untuk berkembang dan berkontribusi dalam meningkatkan potensi bisnis yang ada di Negara Indonesia. Kendalanya adalah saat ini perekonomian Indonesia masih belum optimal sehingga proses pelaksanaan dari GRES ini juga masih belum maksimal tentunya.

GRES Menaungi Semua Sektor Layanan Perbankan

Halim juga menambahkan bahwa perbankan yang ada saat ini masih berjalan sendiri-sendiri. Begitu juga asuransi syariah. Diharapkan dengan adanya GRES tersebut maka akan bisa menaungi atau memayungi semua sisi yang ada dalam perbankan syariah. Sejatinya, layanan perbankan syariah memang ada banyak jumlahnya, namun jika semua itu dipayungi dalam satu naungan, yaitu GRES, maka bisnis perbankan tersebut akan bisa semakin maju dan berkembang lagi. Beliau ingin agar sinergi yang optimal tersebut bisa diterapkan dalam program syariah yang ada di berbagai lembaga keuangan di Indonesia. Sinergi yang positif tentunya akan menghasilkan outcome yang positif pula.

Beliau memastikan bahwa GRES yang dibentuk tersebut tidak akan berbenturan dengan program atau lembaga syariah lainnya. PKES saat ini tengah melakukan koordinasi dengan pihak terkait supaya seluruh stakeholder yang ada didalamnya sepakat bahwa GRES hanya digunakan untuk sektor syariah saja, tidak untuk sektor terkait lainnya. Dukungan dari berbagai pihak tentunya sangat diharapkan oleh GRES agar bisa menjadi pondasi ekonomi syariah yang kuat. Tak lama lagi, beliau yakin bahwa GRES akan bisa diresmikan secara serentak secara nasional. Halim menuturkan bahwa SBY sendiri nantinya yang akan meresmikan langsung perekonomian syariah yang ada di Indonesia tersebut. Kebijakan yang tepat tentunya akan mampu mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Indonesia.

GRES-Sebagai-Pondasi-Utama-Sistem-Perekonomian-Perbankan-di-Indonesia-3

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *