Teropong Bisnis | Homepage
Gambaran Singkat tentang Seluk Beluk Bank Mandiri, Banknya Orang Indonesia

Gambaran Singkat tentang Seluk Beluk Bank Mandiri, Banknya Orang Indonesia

0 Comments 🕔18.Jan 2014

Bank Mandiri merupakan gabungan dari 4 bank yang pernah ada di Indonesia yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 2 Oktober 1998. Bank ini adalah salah satu hasil yang nyata dari program pemerintah yang berencana untuk menstrukturisasi perbankan yang ada di Indonesia pada tahun 90an. Selain itu, pada tanggal 9 Januari 2007, bank Mandiri resmi menjadi salah satu bank di Indonesia yang berada di bawah naungan PT Persero Tbk.

Dalam melaksanakan tugasnya dalam melayani nasabah, Bank Mandiri dilindungi dasar hukum yang sampai saat ini sudah di berganti sebanyak 8 kali. Perubahan dasar hukum terakhir dibuat pada tanggal 8 April 2005 oleh Aulia Taufani, SH. Untuk masalah modal, Bank Mandiri menganut struktur modal perseroan dengan saham  70 persen dari pemerintah dan 30 persen dari publik. Sedangkan, Bank Mandiri menawarkan 5 cara sistem kerja dalam memuaskan para nasabahnya, yaitu: Institutional Banking (mengurusi tentang sektor bisnis baru yang tumbuh dalam masyarakat ), Corporate Banking (sistem kerja yang menawarkan kredit-kredit kepada para nasabah yang ingin mengembangkan usahanya) , Commercial & Business Banking, Micro and Retail Banking, dan Consumer Finance.

Selain itu, Bank mandiri memiliki visi dan misi mengapa bank tersebut hadir untuk melayani para nasabah di Indonesia. Dengan visi dan misi yang ditawarkan, diharapkan warga Indonesia mempercayakan uangnya untuk dikelola di Bank Mandiri. Adapun visi dari Bank Mandiri adalah menjadi bank yang paling depan dalam masalah pelayanan kepada nasabahnya. Bank tersebut juga ingin menjadi bank yang bisa dipercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para nasabahnya. Selain itu, Mandiri percaya bahwa mandiri akan selalu berjaya di Indonesia jika ia memberikan layanan terbaik bagi para nasabahnya sehingga tumbuh kembangnya saat ini tergantung layanannya kepada para nasabahnya. Sedangkan misinya adalah sebagai berikut: dapat memenuhi kebutuhan para nasabahnya, dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang berkualitas, memaksimalkan keuntungan yang diperoleh para pedagang grosir, mempraktekkan sistem manajemen yang bersifat terbuka, dan menomorsatukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

bank mandiri, perbankan, layanan bank, ekonomi

Tentunya visi dan misi bank mandiri tidak akan terwujud jika bank yang menganut struktur organisasi persero tersebut tidak memiliki goal yang akan dicapai nantinya. Mandiri dibentuk dengan 2 tujuan, tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umumnya adalah untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan nasional khususnya dalam bidang ekonomi sehingga bangsa Indonesia memiliki perekonomian yang lebih baik daripada sebelumnya. Sedangkan tujuan khususnya, supaya perbankan di Indonesia lebih terstruktur dengan cara melaksanakan prinsip perseroan terbatas yang telah ada.

Dalam mencapai tujuannya, maka Mandiri memiliki beberapa strategi dalam menjalankan sistem bank tersebut, antara lain:  mencari solusi tentang permasalahan dalam perkreditan para nasabahnya, mengembalikan citra perusahaan yang sudah mulai buruk dimata masyarakat, bekerjasama dengan perusahaan yang sudah memiliki badan hukum, meningkatkan kemampuannya dalam menerapkan sistem pengusaha perusahaan berbadan hukum dengan baik, meneruskan program-program bisnis yang terdahulu, meningkatkan mutu para karyawannya dengan menyeleksi karyawan berdasarkan nilai-nilai badan hukum, kesopanannya, dan penampilannya yang menarik. Strategi pemilihan pegawai tersebut diperlukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabahnya. Semoga, setelah anda mengetahui informasi tentang seluk beluk Bank Mandiri, siapa tahu anda bisa langsung tertarik untuk menjadi nasabah dari bank tersebut.

bank mandiri, perbankan, layanan bank, ekonomi

BACA JUGA:

Citibank Reward, Tak Sekedar Kartu Kredit

Bank Mitraniaga, Bank Dengan Sistem dan Pelayanan Perbankan yang Kokoh

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *