Teropong Bisnis | Homepage
Curi Start, ATM Bank Muamalat dengan Chip Didalam

Curi Start, ATM Bank Muamalat dengan Chip Didalam

0 Comments 🕔25.May 2014

Dunia perbankan Indonesia saat ini sudah sangat berkembang. Hal ini sejalan dengan kebutuhan para nasabah akan layanan perbankan terbaik. Salah satu bukti yang dapat kita lihat adalah pengaplikasian berbagai macam teknologi canggih terhadap layanan perbankan. Salah satunya adalah penggunaan ATM dengan teknologi chip.

Aturan penggunaan ATM dengan chip berteknologi tinggi ini sudah ada dalam aturan dari Bank Indonesia (BI). Namun, BI baru mewajibkan penggunaan chip ini pada Desember 2015. Tetapi, ada bank yang sudah menggunakan teknologi chip ini saat ini, yaitu Bank Muamalat.

Menurut Direktur Keuangan dan Operasional PT Bank Muamalat, Hendiarto, ATM Bank Muamalat dan kartu debit dari bank ini sudah menggunakan teknologi chip ini. Bahkan, mereka sudah menerapkan teknologi ini sejak tahun lalu.

Akan tetapi, penggunaan teknologi chip ini belum diterapkan pada semua kartu ATM dan debit dari bank ini. Saat ini, hanya 70% dari kartu ATM dan debit dari Bank Muamalat yang menggunakan teknologi chip.

Penggunaan teknologi chip pada kartu Bank Muamalat ini menunjukkan kesiapan bank ini dalam menyambut aturan BI mengenai hal ini pada 2015. Jadi, dapat dikatakan, saat aturan ini berlaku, Bank Muamalat sudah dapat lebih mudah mematuhinya. Dan, nasabah dan pengguna kartu debit ataupun ATM Bank Muamalat sudah tahu dan terbiasa nantinya.

Jumlah kartu debit Bank Muamalat yang beredar saat ini sebanyak 3,5 juta kartu. 30% dari jumlah ini belum menggunakan teknologi chip seperti yang lainnya.

Menurut Hendiarto, kartu yang tidak menggunakan teknologi chip ini adalah kartu para nasabah yang hanya menyimpan uang. Mereka tidak menggunakan layanan transaksi online  dan juga kartu-kartu e-money dari Bank Muamalat.

Untuk menyebarkan penggunaan teknologi chip ini, Hendiarto mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa langkah. Salah satunya adalah pemblokiran. Semua kartu yang tidak menggunakan teknologi chip akan diblokir. Dan, pengguna kartu tersebut harus menukarkan kartunya dengan kartu yang sudah menggunakan chip di kantor cabang Bank Muamalat terdekat.

Penggunaan chip pada kartu debit maupun ATM Bank Muamalat ini akan memberikan banyak keuntungan. Keamanan adalah yang paling utama, karena kartu jenis ini sangat sulit untuk dibobol.

Selain itu, kartu dengan chip ini penggunaannya juga berbeda dengan kartu debit pada umumnya. Bila biasanya kartu debit harus digesek saat ingin membayar, kartu dengan chip hanya perlu ditancapkan. Cara ini mirip dengan penggunaan kartu kredit.

Selain itu, Bank Muamalat juga mengaku menggunakan debit chip dengan standar internasional. Chip dengan standar ini mempunyai kualitas tinggi, sehingga nasabah mendapatkan layanan perbankan terbaik.

Penggunaan chip pada kartu debit maupun ATM Bank Muamalat ini merupakan langkah tepat untuk menarik lebih banyak nasabah. Dengan maraknya kasus pembobolan ATM saat ini, maka keamanan adalah hal yang dicari nasabah. Teknologi chip ini menawarkan hal tersebut dan tentunya nasabah akan merasa lebih nyaman.

atm bank muamalat, perbankan, nilai tukar rupiah, bank muamalat

BACA JUGA:

Bank Mandiri Beroperasi Pada Akhir Pekan, Karena Pemblokiran

3 Dasar Penting yang Perlu Diperhatikan untuk Sukses Memancing Modal Bisnis

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *