Teropong Bisnis | Homepage
BTN Belum Menaikan Suku Bunga KPR dan KPA

BTN Belum Menaikan Suku Bunga KPR dan KPA

0 Comments 🕔03.Aug 2013

BBTN-Belum-Menaikan-Suku-Bunga-KPR-dan-KPA-2

Berita terkini mengenai layanan perbankan saat ini adalah adanya kebijakan yang dikeluarkan oleh PT Bank Tabungan Negara atau yang lebih dikenal dengan BTN. Bank ini menjamin bahwa tidak akan ada aktivitas kenaikan bunga yang dilakukan oleh bank terkait. Bunga KPR dan juga Bunga KPA tidak akan dinaikan oleh BTN meskipun Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan dimana suku bunga acuan di Indonesia meningkat dengan jumlah 6,5%. Peningkatan suku bunga ini sebenarnya sudah menunjukan imbasnya karena banyak layanan Bank Swasta dan Bank Negeri yang mulai menaikan suku bunga yang dimiliki pula. Namun, hal ini tidak membuat layanan perbankan BTN jadi ikut menaikan suku bunganya. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah nasabah dalam memperoleh layanan kredit yang mereka miliki. Di samping itu, naiknya suku bunga juga akan merugikan para nasabah nantinya karena uang yang dikeluarkan juga akan makin banyak.

Kenaikan Suku Bunga Memberatkan Nasabah

Direktur Utama BTN, Maryono, mengungkapkan bahwa tidak akan ada kenaikan bunga yang dilakukan oleh Bank BTN, baik itu untuk Bunga KPR maupun Bunga KPA. Menurut beliau, hal ini nantinya malah akan semakin memberatkan masyarakat. Bagaimanapun juga, pasti nasabah tidak akan mau jika suku bunga dinaikan. Beban mereka sudah cukup berat dengan semakin banyaknya masalah ekonomi saat ini, jadi sebaiknya tidak perlu diperberat lagi. Beliau juga menambahkan bahwa saat ini masyarakat harus lebih jeli dalam mengeluarkan uang mereka mengingat banyak sekali permasalahan yang terjadi, misalnya kenaikan harga BBM, naiknya harga kebutuhan pokok, dan juga terjadinya inflasi yang tidak kunjung ditemukan solusinya. Mengingat KPR dan KPA adalah sebuah kredit yang statusnya termasuk dalam kredit jangka panjang, maka Direktur Utama Bank tersebut memutuskan untuk tidak menaikan suku bunganya.

Rencana Kenaikan Suku Bunga 0,5% di Bulan Agustus 2013

Namun terdengar kabar bahwa ada kenaikan suku bunga yang akan dilakukan oleh Bank BTN di bulan Agustus di tahun ini. Kenaikan yang dilakukan, untungnya, juga tidak terlalu banyak. Pihaknya berencana untuk menaikan bunga kredit KPR dengan jumlah 0,5 sampai 1 persen saja untuk bulan Agustus ini. Selanjutnya ada kenaikan lagi atau tidak nanti akan dibicarakan lebih lanjut. Untuk saat ini, yang jelas, para nasabah masih bisa bernapas lega karena kenaikan suku bunga Bank BTN masih belum terjadi.

Dikabarkan pula bahwa BI atau Bank Indonesia akan menetapkan kebijakan LTV. Tetapi kebijakan ini, dipastikan oleh Maryono, tidak akan mengganggu kucuran kredit yang didapatkan oleh perseroan. Hal ini dikarenakan BTN bukanlah market atau segmen bagi nasabah supaya mereka bisa membeli rumah yang kedua, ketiga dan seterusnya. Menurut beliau, nantinya akan ada sekitar 97% kredit dari Bank BTN yang mana menjamin stabilnya harga rumah bagi masyarakat di kalangan menengah.

BBTN-Belum-Menaikan-Suku-Bunga-KPR-dan-KPA-4

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Lihat 3 Hal Ini dan Terapkan Passion dalam Bisnis Anda!

Lihat 3 Hal Ini dan Terapkan Passion dalam Bisnis Anda! 0

Passion merupakan hal paling penting untuk dapat sukses dalam bisnis saat ini. Karena dengan passion atau

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *