Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis Perbankan Syariah Tengah Dikembangkan oleh OJK Robinson

Bisnis Perbankan Syariah Tengah Dikembangkan oleh OJK Robinson

0 Comments 🕔01.Jul 2013

Bisnis-Perbankan-Syariah-Tengah-Dikembangkan-oleh-OJK-Robinson-2

Bisnis perbankan juga sedang berupaya untuk memperbaiki kinerja yang mereka miliki, hal ini dibuktikan dengan adanya Otoritas Jasa Keuangan yang terus mengkaji bisnis perbankan. Langkah yang dilakukan adalah dengan menyiapkan bursa efek khusus yang digerakkan dalam bidang bisnis syariah. Menurut pemberitaan yang ada saat ini, pembentukan bursa efek syariah untuk bisnis perbankan ini adalah sebuah kebijakan jangka panjang. Tentu saja ada sejumlah kebijakan yang menyebabkan OJK melakukan langkah yang demikian. Robinson Simbolon berpendapat bahwa Indonesia baru pertama kali ini menetapkan adanya indeks syariah.

Pendekatan Terhadap Pasar Modal Syariah

Ditambah lagi, menurut beliau, pendekatan pasar modal syariah umumnya hanya terbatas pada beberapa produk semata, masih belum terjadi adanya perluasan yang signifikan. Dalam pendekatan institusi, semacam bursa efek syariah misalnya, ini ternyata masih belum ada di Indonesia. Akibatnya bisnis perbankan yang ada juga tidak bisa dikembangkan secara maksimal. Potensi yang dimiliki oleh bisnis syariah sebenarnya sangat baik karena kepercayaan masyarakat terhadap layanan perbankan syariah yang ada juga cukup tinggi. Jika ini mampu untuk dimaksimalkan dengan baik, tentunya akan memberikan andil yang positif untuk perkembangan ekonomi yang ada di Negara Indonesia. Selama ini, menurut Robinson, pendekatan terhadap produk syariah juga hanya ditangani oleh pihak-pihak tertentu saja, contohnya adalah manajer investasi konvensional.

Bisnis-Perbankan-Syariah-Tengah-Dikembangkan-oleh-OJK-Robinson-3

OJK Berkolaborasi dengan DSN Majelis Ulama Indonesia

Maka dai itu OJK dengan digandeng oleh Dewan Syariah Nasional MUI memutuskan untuk membuat kebijakan untuk menyelektif mana produk yang masuk dalam kategori produk syariah dan mana produk yang tidak masuk dalam kategori tersebut. Setelah mengetahui produk mana saja yang masuk dalam kategori syariah, barulah nanti akan ditetapkan peraturan-peraturan apa saja yang akan dibuat. Robinson juga berharap adanya perkembangan yang bagus untuk perusahaan efek syariah ini.  Ditambah lagi, menurut beliau, harus ada sebuah Dewan Pengawas Syariah yang terlibat di dalam bisnis tersebut. Ini akan membuat manajemen investasi syariah semakin berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Hal ini diungkapkan oleh beliau di Jakaryta Kamis Kemarin.

Rencana OJK untuk tahun ini adalah mengatur target modul-modul bagi sertifikasi syariah. Mana yang sudah bisa diterbitkan dan mana yang tidak. Modul ini merupakan sebuah kerjasama hasil OJK dengan DSN. Dimana menunjukan adanya pengetahuan dari pihak auditor dan juga akuntan terhadap produk syariah yang ada saat ini. Diskusi tengah dilakukan oleh pihak DSN dengan OJK untuk mengetahui modul produk-produk perbankan yang ada saat ini. Rencana yang dijalankan oleh OJK ini bertujuan untuk memberikan dampak yang positif bagi perkembangan ekonomi perbankan yang ada di Indonesia. Di samping itu juga bisa membuat masyarakat tahu mana produk yang memiliki nilai syariah. Siapapun bisa terlibat dalam manajemen investasi perbankan asalkan memenuhi persyaratan.

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *