Teropong Bisnis | Homepage
Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

0 Comments 🕔03.Feb 2016

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin memancing seorang investor untuk bertanya, apakah benar jika investasi reksa dana dapat mengalami kebangkrutan? Pada dasarnya setiap investor yang melakukan investasi dalam bentuk apapun tentunya memiliki kekhawatiran terkait dengan dana investasi yang dimilikinya tersebut. Hal ini berkaitan dengan dana investasi yang memiliki kemungkinan untuk tidak dikembalikan jika pengelola yang memilikinya mengalami sebuah kebangkrutan.

Bagi Anda yang sempat mengikuti perkembangan ekonomi seperti halnya yang terjadi di kawasan Amerika Serikat pada tahun 2008 belakang ini. yang mana beberapa bentuk perusahaan pengelola investasi justru mengalami kebangkrutan. Namun meskipun perusahaan tersebut pada dasarnya mengalami kebangkrutan, untuk dana investasi para nasabahnya itu sendiri justru berada dalam bentuk yang aman. Ingin tau apa alasannya? Simaklah bentuk penjelasan berikut ini :

Kontrak investasi yang dilakukan secara kolektif

Reksa dana merupakan kontrak investasi yang dilakukan antara manajer investasi dengan bank kustodian. Dari pengertian tersebut, tentunya Anda dapat mengetahui bahwa pihak yang terkait dalam kontrak tersebut hanya terdiri dari 2 bagian saja, yang pada dasarnya sudah memiliki hak dan juga kewajibannya masing-masing. Secara sederhana, manajer investasi memiliki peran sebagai pengelola dana investasi yang Anda lakukan sementara perusahaan hanya diperbolehkan mengutip biaya pengelolaan saja. Sedangkan bank kustodian adalah bagian lain yang berperan dalam memainkan penyimpanan aset tersebut secara fisik. Karena itulah jika manajer investasi mengalami kebangkrutan pihak investor tidak perlu merasa khawatir, karena aset yang dimilikinya justru tersimpan dengan aman di bank kustodian itu tadi. Ada beberapa pilihan yang bisa investor lakukan jika manajer investasi yang dimilikinya mengalami kebangkrutan, yaitu dengan menjual aset yang dimilikinya tersebut atau bahkan dialihkan menuju manajer investasi lainnya.

Bagaimana jika kebangkrutan justru dialami oleh Bank Kustodian?

Dalam bidang perbankan ada sebuah istilah yang dikenal sebagai LPS yaitu Lembaga Penjamin Simpanan. Dengan kata lain, jika suatu bank mengalami kebangkrutan, maka dana nasabah akan tetap berada dalam keadaan aman selama bank tersebut memiliki kesesuaian antara syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh LPS. Hanya saja untuk aset yang disimpan dalam bank kustodian justru memiliki prosedur yang berbeda. Namun ia lebih mengarahkan aset itu pada bentuk laporan keuangan yang sifatnya hanya menitipkan saja. Sama seperti halnya ketika Anda menyimpan uang dalam sebuah brankas, atau SDB perbankan

Dengan ketentuan tersebut, maka jika bank mengalami penyitaan, aset yang terdapat di dalamnya justru tidak akan ikut disita. Namun satu-satunya resiko yang dihadapi oleh para investor adalah kehilangan, baik itu bentuk kehilangan karena kelalaian atau bahkan kesalahan penyimpanan.

Untuk menjaga keamanan tersebut ada sebuah undang-undang pasar modal yang menyatakan jika hal tersebut hilang akibat pihak bank kustodian, maka mereka wajib mengganti bentuk kehilangan yang dilakukan olehnya. Karena itulah aset dari reksa dana pun masih berada dalam tahap yang aman. Untuk kasus seperti ini, aset tersebut pun dapat diambil dengan beberapa alternatif, seperti halnya pembubaran, penjualan, atau bahkan dialihkan pada pihak lainnya.

Reksa Dana

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

3 Poin Terpeting untuk Mewariskan Investasi Reksadana Anda

3 Poin Terpeting untuk Mewariskan Investasi Reksadana Anda 0

Investasi reksadana mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Investasi ini biasanya digunakan sebagai investasi jangka

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *