Teropong Bisnis | Homepage
Bank Mandiri Berencana Buka Cabang di Singapura

Bank Mandiri Berencana Buka Cabang di Singapura

0 Comments 🕔15.Aug 2013

Bank Mandiri kini tengah melakukan langkah baru untuk mengembangkan layanan perbankan yang dimilikinya, salah satunya adalah dengan membuka cabang di Negara lain, yakni di Negara Singapura. Harapannya adalah dengan membuka cabang di Negara tersebut, nantinya Bank Mandiri akan bisa memperoleh keuntungan yang maksimal, yakni sekitar 1600 Trilliun rupiah. Direktur Utama dari Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan bahwa pembukaan cabang Bank Mandiri yang ada di Singapura sebenarnya tidak bertujuan untuk mengincar pasar non nasabah dari Indonesia yang ada di Singapura. Alasan yang dikemukakan beliau adalah karena banyak sekali penduduk Indonesia atau perusahaan Indonesia yang berdiri di perusahaan tersebut. Sehingga dengan adanya Bank Mandiri di Singapura, diharapkan nanti bisa membantu aktivitas dari beberapa perusahaan terkait yang ada disana. Hal ini beliau ungkapkan ketika ditemui oleh beberapa media di kantornya.

bank-mandiri-berencana-buka-cabang-di-singapura-2

Dana yang Jumlahnya sama dengan APBN 2013

Budi juga menambahkan bahwa banyak sekali jumlah dana milik rakyat Indonesia yang ada di Singapura. Dana tersebut tentunya didapatkan dari nasabah perorangan, atau didapatkan pula dari beberapa perusahaan Indonesia yang berkembang di wilayah tersebut. Jumlah dari dana yang tertampung di wilayah ini bahkan setara dengan nilai APBN yang ada di Indonesia pada tahun 2013, yakni berjumlah 1600 Triliun rupiah. Maka dari itu potensi untuk mengelola dana yang besar itu harus segera dilakukan. Hal ini jelas dikarenakan likuiditas perbankan nasional yang saat ini semakin ketat sehingga harus diambil segera kebijakan yang tepat untuk mengatasi perihal tersebut.

Jumlah Loan to Deposit saat ini Kian Meningkat

Direktur Utama Bank Indonesia melanjutkan lagi bahwa saat ini Indonesia memiliki potensi loan to deposit yang cukup tinggi. Sesuai dari hasil analisa dari bank Mandiri, Loan to Deposit kini sudah mencapai 85 hingga 86 persen. Jumlah ini tentu saja sangat tinggi di luat negeri. Loan to Deposit yang ada di luar negeri saat ini bahkan mencapai presentase 95%. Dikhawatirkan jika tidak segera mengambil keputusan atau langkah yang tepat, maka pertumbuhan dari layanan kredit akan menjadi stagnan. Hal ini tentunya tidak boleh sampai terjadi.

Likuiditas perbankan yang semakin lama semakin ketat tidak boleh sampai mengganggu para pelaku usaha untuk bisa memperoleh dana segar yang ingin mereka dapatkan. Sampai saat ini Bank Mandiri masih dalam status menunggu untuk memastikan apakah mereka boleh membuka cabang di Negara Singapura tersebut. Bank Mandiri berupaya pula untuk mengaplikasikan prisnsip resiprokal. Ini merupakan prinsip kesetaraan yang hendak diterapkan bank terkait. Otoritas Moneter, selaku pemberi ijin dari Bank mandiri mengenai boleh tidaknya mereka membuka cabang di Singapura sampai saat ini masih belum memberikan konfirmasi atau persetujuan. Jika memang nanti proyek tersebut disetujui, sudah pasti kita akan bisa menemukan Bank Mandiri berdiri di Singapura.

bank-mandiri-berencana-buka-cabang-di-singapura-3

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *