Teropong Bisnis | Homepage
Bank Indonesia Mengeluarkan Kebijakan Libur Bersama Hari Raya Idul Fitri

Bank Indonesia Mengeluarkan Kebijakan Libur Bersama Hari Raya Idul Fitri

0 Comments 🕔24.Jul 2013

Bank Indonesia sebagai salah satu layanan perbankan terkemuka yang ada di Indonesia, mengumumkan kebijakan mengenai hari libur bersama yang nantinya akan terjadi sehubungan dengan Hari Raya Idul Fitri yang kurang beberapa hari lagi ini. Sudah bisa dipastikan bahwa semua kantor BI baik itu yang ada di pusat maupun di beberapa daerah tertentu, akan menghentikan pelayanan perbankan yang diberikannya untuk sementara supaya semua orang bisa menggunakan waktunya untuk bersilaturahmi dengan sesama dan juga merayakan hari raya idul fitri yang penuh dengan suka cita tersebut. Cuti bersama yang dilakukan secara serempak di seluruh tanah air tersebut akan dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri 1434 H / 2013 Masehi pekan ini.

Bank-Indonesia-Mengeluarkan-Kebijakan-Libur-Bersama-Hari-Raya-Idul-Fitri-2

Layanan Perbankan BI Resmi Libur Tanggal 7 Sampai 9 Agustus 2013

Sesuai dengan pengumuman dari BI, Seluruh kantor Bank Indonesia yaitu yang ada di pusat maupun di daerah akan libur memberikan layanan perbankannya pada tanggal 5 sampai dengan 9 Agustus 2013. Layanan perbankan akan ditutup dan tidak beroperasi sama sekali untuk umum. Namun demikian, untuk beberapa kegiatan operasional yang spesifik, BI memiliki kebijakan khusus rupanya. Pada hari Kamis, Jumat, tanggal 1 dan 2 Agustus adalah merupakan Jam Operasional Sistem bagi bank BI, dimana waktu proporsionalnya akan ditambah 1 jam. Kemudian untuk hari senin dan hari selasa, tepatnya pada tanggal 5 sampai dengan 6 Agustus, Sistem BI baik itu RTGS maupun SSSS akan beroperasi secara normal tanpa adanya pertambahan jam. Selanjutnya untuk hari Rabu dan Jumat, tepatnya pada tanggal 7 hingga 9 Agustus 2013, semua system BI baik itu RTGS dan juga SSSS akan tidak beroperasi terkait hari libur lebaran yang berlangsung. Selanjutnya untuk tanggal 12 Agustus 2013, hari Senin, system Bi RTGS dan SSSS akan beroperasi lagi secara normal.

Masyarakat Bisa Menggunakan Layanan Perbankan Pada Tanggal 12 Agustus 2013

Oleh karena itu, masyarakat bisa mulai menggunakan lagi layanan perbankan dari Bank Indonesia mulai tanggal 12 tersebut. Ada juga kebijakan Kegiatan Operasional SKNBI yang dikeluarkan oleh petinggi Bank Indonesia. Untuk hari senin, tanggal 5 Agustus 2013, semua kegiatan yang terkait dengan penyelenggaraan SKNBI akan tetap diadakan dengan jadwal yang telah disusun sebelumnya. Lalu untuk hari Selasa tanggal 6 Agustus 2013, kegiatan SKNBI tetap diadakan hanya di wilayah tertentu saja, Kliring yang rencanya dilakukan dengan penyerahan wilayah Kliring untuk Jakarta dan Surabaya, akan ditiadakan. Untuk tanggal 7 sampai dengan 9 Agustus 2013, semua kegiatan yang terkait dengan SKNBI tidak akan berlangsung. Untuk kebijakan terhadap layanan kas, Hari Senin dan Selasa pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2013 akan dibuka layanan Kas terbatas untuk pihak terkait yang membutuhkan. Sementara itu untuk hari Rabu dan Jumat tanggal 7 dan 9 Agustus tidak beroperasi dan baru akan dibuka kembali pada tanggal 12 Agustus 2013.

Bank-Indonesia-Mengeluarkan-Kebijakan-Libur-Bersama-Hari-Raya-Idul-Fitri-3

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *