Teropong Bisnis | Homepage
Bank BCA Berencana Menaikan Suku Bunga Kredit pada Akhir Bulan Juli

Bank BCA Berencana Menaikan Suku Bunga Kredit pada Akhir Bulan Juli

0 Comments 🕔17.Jul 2013

Kebijakan Bank Indonesia yang menaikan bunga acuannya agaknya mulai menunjukan dampaknya, terutama di layanan perbankan. Yang paling terlihat, salah satunya adalah dikeluarkannya kebijakan dari Bank BCA, dimana suku bunga dasar kredit dari bank tersebut akan mengalami kenaikan menjelang akhir bulan Juli nanti. Rencana untuk menaikan suku bunga di layanan perbankan tersebut tentu saja merupakan hal yang disayangkan. Tetapi, Bank BCA juga tidak memiliki pilihan lain, terkait Bank Indonesia sendiri juga saat ini menaikan bunga acuan yang dimilikinya. Bunga KPR sampai saat ini masih berada di level 9,5% dan bunga kredit non KPR sebesar 8,18 % di Bank BCA. Jika memang kebijakan kenaikan suku bunga kredit dari layanan perbankan BCA tersebut jadi untuk direalisasi, sudah pasti levelnya akan bisa meningkat lebih tajam lagi hingga 10% keatas.

Bank-BCA-Berencana-Menaikan-Suku-Bunga-Kredit-pada-Akhir-Bulan-Juli-3

Kebijakan Menaikan Suku Bunga Sudah Fix

Presiden Direktur dari PT Bank Central Asia, Jahja Setiaadmadja, mengatakan bahwa pihaknya akan menaikan suku bunga kredit untuk kepemilikan rumah mulai akhir bulan Juli nanti. Ini dilakukan seiring dengan meningkatnya suku bunga acuan bank Indonesia yang masuk dalam level 6,5% untuk saat ini. Jika memang kenaikan tersebut terjadi, maka peningkatannya diperkirakan adalah 0,5% dari level saat ini. Beliau mengemukakan hal tersebut saat menjalani buka bersama di sebuah Signature Café yang ada di Jakarta kemarin. Jahja juga memberikan tambahan bahwa kenaikan dari suku bunga KPR tidak terjadi bulan ini saja, namun juga telah terjadi semenjak bulan Mei 2013. Pasalnya hampir semua Bank di Indonesia memang mengacu pada BI. Apapun kebijakan yang dikeluarkan oleh BI tentu saja akan berimbas pada sektor layanan perbankan lainnya. Jika kebijakan tersebut mengarah ke penurunan suku bunga acuan, maka suku bunga dari bank lainnya juga akan turun, sementara jika yang terjadi adalah sebalinya, suku bunga mengalami kenaikan, maka bank lainnya juga akan menaikan suku bunganya.

Dampak dari Kenaikan Suku Bunga di Beberapa Layanan Perbankan

Jahja memberikan penilaian bahwa kenaikan dari suku bunga kredit tersebut akan otomatis mengerem konsumsi kredit yang dilakukan oleh konsumennya. Hal ini terjadi karena kebijakan dari bank pusat agar konsumen yang ingin menggunakan layanan kredit perbankan bisa dikurangi. Memang, aturan atau kebijakan besaran uang muka kredit telah ditetapkan oleh BI, namun hal ini tentu saja akan membuat para konsumen kesulitan untuk mendapatkan layanan kredit di kemudian hari. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Jahja juga memiliki prediksi sendiri berapa kenaikan yang rencananya akan beliau lakukan, yakni adalah 18% hingga 20% kenaikan. Kenaikan Suku Bunga Kredit tentu saja tidak hanya terjadi di segmen KPR saja, tapi juga terjadi di segmen lainnya. Salah satunya adalah terjadinya kenaikan di kredit kendaraan bermotor dan juga layanan kredit lainnya.

Bank-BCA-Berencana-Menaikan-Suku-Bunga-Kredit-pada-Akhir-Bulan-Juli-2

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *