Teropong Bisnis | Homepage
Alasan Bank BCA Menaikan Bunga Deposito

Alasan Bank BCA Menaikan Bunga Deposito

0 Comments 🕔02.Aug 2013

Saat ini banyak sekali Bank di Indonesia yang tengah berlomba-lomba untuk mendapatkan dana dengan jumlah yang besar dari masyarakat. Hal ini bertujuan untuk membiayai ekspansi dari Bank terkait. Memang dalam melakukan hal ini nantinya masyarakatlah yang akan dirugikan karena dana yang mahal tersebut akan semakin membuat mereka kesulitan dalam mencicil kredit layanan perbankan. Sebenarnya masih ada alternatif yang dilakukan lainnya, yaitu dengan menaikan bunga dana Bank. Presiden Direktur dari Bank BCA, Jahja Setiaatmadja mengemukakan bahwa selama tiga bulan terakhir ini, pihak Bank BCA sudah mengeluarkan kebijakan mengenai kenaikan bunga dana terhadap deposito sebanyak dua kali.

Alasan-bca-menaikkan-bunga-deposito-3

Solusi yang Kondusif untuk Mengatasi Naiknya Suku Bunga Acuan

Dinaikannya bunga dana tersebut adalah sebuah solusi yang kondusif dalam mengatasi pergerakan Suku Bunga Acuan Bank Indonesia yang mengalami kenaikan saat ini. Ditambah lagi Fasilitas Simpanan Bank Indonesia juga malah sudah dinaikan, kira-kira sekitar dua bulan sebelumnya. Kenaikan dari bunga deposito tentu saja memberikan imbasnya kepada masyarakat terutama pada nasabah. Mereka merasa bahwa dana yang ditentukan terlalu mahal. Namun demikian, pihak Bank BCA juga meyakini bahwa tidak hanya Bank tersebut yang akan melakukan hal ini tapi juga beberapa Bank lainnya yang ada di Indonesia. Aksi perebutan dana mahal yang terjadi secara nasional di layanan perbankan di Indonesia ini tentunya menjadi sebuah wacana yang harus dikupas secara tuntas dan dicari solusinya.

Bunga Deposito Bank BCA Resmi Naik 5,75% Bulan Ini

Dalam Konfrensi Pers yang beliau lakukan di Hotel Indonesia Jakarta, Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa sejak tanggak 1 Mei 2013, Bank BCA telah resmi menaikan bunga deposito yang dimilikinya dengan jumlah 3,5 persen menjadi 5 persen. Hal ini berkaitan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia yang mengalami kenaikan pada bulan tersebut. Selanjutnya di Bulan Juli, suku bunganya saat ini disesuaikan lagi dengan kebijakan Bank Indonesia terbaru yang menaikan suku bunga acuannya hingga 6,5%. Pada bulan Juli inilah Bank BCA lagi-lagi membuat kebijakan kenaikan suku bunga deposito menjadi 5,75%.

Akibat dari baiknya bunga deposito ini ternyata menyebabkan dana pihak ketiga menjadi melonjak. Dana yang berupa deposito tersebut mengalami peningkatan dari jumlah 68 Trilliun menjadi 72 Trilliun. Meskipun jumlahnya naik, tapi hal ini diharapkan bisa menurunkan jumlah simpanan dana mahal perseroan yang terjadi sejak Kuartal II pekan lalu. Hingga Semester I tahun 2013 ini, total yang diperoleh dari dana pihak ketiga atau DPK tengah mengalami pelonjakan dan meningkat hingga 10,9% yakni dengan jumlah tepat 378,5 Trilliun Rupiah. Jahja berpendapat bahwa naiknya bunga deposito dirasa cukup efektif dalam mengurangi penurunan yang terjadi beberapa pekan lalu dan juga mampu untuk menstabilkan kompensasi pasar yang ada di sektor deposito itu sendiri. Kita lihat saja bagaimana imbas dari kenaikan bunga deposito bulan ini di Kuartal III 2013 nanti.

Alasan-bca-menaikkan-bunga-deposito-2

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *