Teropong Bisnis | Homepage
1001 tentang Bank Mestika

1001 tentang Bank Mestika

🕔06.Nov 2013

Berdiri pada tahun 1955, Bank Mestika menjadi salah satu bank umum swasta devisa. Bank ini juga fokus pada layanan retail banking. Bank yang berkantor pusat di Medan, Sumatera Utara ini mempunyai filosofi unik, yaitu prinsip prudential banking.

Bank Mestika juga bertujuan untuk tumbuh secara wajar dan sehat. Visi dari Bank Mestika yang paling utama adalah menjadikan bank ini sebagai solusi perbankan untuk semua orang. Selain itu, bank ini bertujuan untuk memajukan perekonomian Indonesia dengan prinsip profesionalisme.Selain itu, Bank Mestika juga ingin memberikan pelayanan terbaik sebagai nilai tambah untuknasabah.

Misi Bank Mestika terdiri dari 3 poin utama yaitu:

1.     Bank Mestika berusaha untuk mempererat hubungan antara pemegang saham agar terutama yang berada di wilayah Sumatera Utara dan Indonesia agar mampu memajukan bank ini.

2.     Menjunjung tinggi prinsip GCG (Good Corporate Governance) dalam pemberian layanan jasa perbankan kepada nasabah. Selain itu, Bank Mestika juga selalu memegang prinsip Manajemen Resiko dan penuh kehati-hatian dalam menerapkan prinsip ini.

3.     Meningkatkan SDM Bank Mestika agar citra Bank selalu terjaga. SDM yang berkualitas dan berintegritas juga akan memberikan dukungan besar terhadap pengembangan usaha Bank Mestika.

Bank Mestika juga memegang 5 prinsip dalam menjalankan usaha dan layanan perbankan. 5 prinsip ini adalah Komitment, Kompetensi, Kerjasama, Keterbukaan dan Kejujuran.

Bank Mestika juga mempunyai prinsip unik yaitu pengenalan nasabah. Prinsip ini bertujuan agar bank ini tidak menjadi tempat pencucian uang. Dengan prinsip ini, bank mempunyai 2 kewajiban pelaporan yang harus dilakukan kepada PPATK, yaitu:

1.     Pelaporan transaksi keuangan tunai atau CTR (Cash Transaction Report). Pelaporanini bertujuan untuk melaporkan semua  transaksi keuangan yang dilakukan melalui akundi Bank Mestika oleh salah seorang nasabah.

2.     Pelaporan transaksi keuangan mencurigakan atau STR (Suspicious Transaction Report) yaitu prose melaporkan bila ada transaksi yang dipandang tidak wajar. Dalamtindakan pelaporan ini, Bank Mestika akan dilindungi oleh hukum melalui Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Bank Mestika juga senantiasa berbenah diri agar mampu memberikan pelayanan terbaik untuknasabah, seperti:

1.     Penyempurnaan Core System agar dapat mengenal nasabah dengan golongan tertentu, yaitu high-risk customer dan high-risk business. Cara ini dilakukan dengan melihat laporan transaksi keuangan yang dilakukan nasabah tersebut.

2.     Penunjukan pejabat tanpa rangkap jabatan.

3.     Terus melakukan update profil nasabah

4.     Sosialisasi dan pelatihan kepada karyawan agar mampu menerapkan prinsip pengenalan nasabah.

5.     Evaluasi diri setiap semester untuk melihat kinerja dari Bank Mestika

6.     Pemeriksaan dan uji kepatuhan secara rutin terhadap proses penerapan prinsip-prinsip Bank Mestika oleh SKAI dan Satker Manajemen Risiko & kepatuhan Bank.

Selain itu, Bank Mestika terus berusaha mensosialisasikan pentingnya KYC agar transaksi di bank ini bersih dan bebas dari segala macam tindakan ilegal.

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan