Teropong Bisnis | Homepage
Yuk Simak Kiat Mensiasati Kesulitan Anggaran Dalam Rumah Tangga

Yuk Simak Kiat Mensiasati Kesulitan Anggaran Dalam Rumah Tangga

0 Comments 🕔19.Jan 2014

Banyaknya lonjakan harga kini membuat para ibu merasa bingung.  Pasalnya, lonjakan harga barang tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan.  Sehingga, mulanya uang belanja dapat mencukupi untuk satu hari, kini hanya mampu memenuhi setengah hari.  Ironis memang, tapi tidak perlu frustasi ataupun patah semangat.  Karena dibalik itu semua tentu ada berkah yang tersembunyi.  Salah satunya adalah membuat perilaku konsumsi menjadi lebih rasional. 

Penyesuaian gaya hidup yang lebih rasional perlu Anda tingkatkan.  Dengan terbatasnya pendapatan, maka anda harus berfikir berulang kali dalam membeli suatu barang.  Dimana kebutuhan pokok menjadi sebuah prioritas.  Sedangkan kebutuhan yang bersifat spontan harus dilakukan peninjauan ulang.  Sehingga anda dapat melakukan sebuah gerakan penghematan.

Cobalah untuk mengendalikan keinginan maupun hasrat berbelanja, serta membedakan antara kebutuhan dan keinginan.  Perhitungkan serta berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan.  Buatlah daftar belanja sebelum anda berbelanja, serta belilah apa yang sudah tertera pada daftar tersebut.   Jangan termakan gengsi ketika berbelanja.  Seperti membeli pakaian, sepatu, tas bermerk maupun handphone baru.  Sebaliknya, terapkan kiat merawat barang agar Anda bisa berhemat dan tetap tampil rapi.  Selain itu, anda juga perlu mengurangi frekuansi pergi ke pusat perbelanjaan.

Langkah selanjutnya, cobalah untuk menghindari sakit mengingat mahalnya biaya kesehatan.  Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolah raga serta mengkonsumsi makanan sehat.  Selain itu, hindari stres yang dapat memicu gangguan psikis.  Usahakan untuk mengurangi pemakaian suplemen.

 keuangan, keluarga, pendapatan, pengeluaran,

Strategi selanjutnya adalah dengan meminimalisir penggunaan listrik, air, dan telephone. Anda dapat menggunakan berbagai perabot rumah tangga yang hemat listrik.  Terapkan juga penghematan pulsa HP maupun biaya telephone.  Dengan cara menggunakan pulsa prabayar, berbicara penting saat telephone, serta mengurangi chatting melalui internet.  Dalam pengiritan pemakaian air, anda dapat menjadwal penggunaan pompa air.  Selain itu, jangan gunakan selang selama mencuci mobil karena akan banyak membuang air.

Meskipun Anda sedang melakukan penghematan, bukan berarti Anda tidak dapat berekreasi.  Anda bisa saja menerapkan rekreasi murah.  Rekreasi tidak harus dilakukan di luar rumah.  Carilah kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama keluarga tanpa mengurangi hakikat dari rekreasi.  Dengan sedikit ide kreatif serta kerjasama dari seluruh anggota keluarga maka penghematan dapat membatu Anda. Selain itu secara perlahan dalam jangka panjang Anda melakukan berbagai usaha  untuk menambah penghasilan.

Penghematan saja dirasa masih belum cukup jika tidak diikuti dengan peningkatan penghasilan.  Agar Anda tetap dapat berinvestasi serta memenuhi kebutuhan sehari-hari.  Salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan adalah dengan multi karier.  Anda dapat menjalankan beberapa profesi secara bersamaan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama.

Multi karier juga dapat memberikan keseimbangan agar anda tidak merasa jenuh dengan pekerjaan utama anda.  Sebagai contoh, seorang yang memiliki pekerjaan utama sebagai accounting memiliki pekerjaan lain sebagai pelatih fitness.  Pekerjaan sebagai pelatih fitness ini dilakukan 3 kali selama seminggu di sore hari.  Ada yang perlu diingat selama menjalankan multi karier.  Yaitu proses berkembang tanpa takut kehilangan percaya diri, keahlian, serta pekerjaan.

keuangan, keluarga, pendapatan, pengeluaran,

BACA JUGA:

Strategi Mengurus Keuangan untuk Para Wanita

Tips Keuangan Pribadi

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *