Teropong Bisnis | Homepage
Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit

0 Comments 🕔14.Sep 2015

Bagi sebagian orang, kartu kredit menjadi sebuah solusi keuangan. Memang, kartu kredit bisa memberikan solusi kepada Anda termasuk jika Anda adalah seorang pengusaha. Namun, tidak semua bisa mengelola kartu kredit dengan baik.

Sebagai hasilnya, alih-alih mendapatkan solusi dari kartu kredit, Anda justru akan mendapatkan kesulitan. Karena itu, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang tidak boleh Anda lakukan saat memiliki kartu kredit. Salah satu yang tidak boleh Anda lakukan adalah menggunakan kartu kredit secara asal-asalan.

Saat memiliki kartu kredit, Anda seperti memiliki uang tambahan sehingga menggunakannya secara semaunya. Anda menjadi tidak mengontrol penggunaan termasuk tagihannya. Ada baiknya Anda mengontrol penggunaan kartu kredit dengan mencatat setiap pemakaiannya. Anda pun harus menentukan batas pemakaian kartu kredit sehingga pemakaiannya tidak berlebihan.

Jika sudah mendekati batas pemakaian, maka tinggalkan kartu kredit tersebut di rumah. Selain itu, Anda juga tidak boleh memiliki lebih dari satu kartu kredit. Kesalahan umum dari pemilik kartu kredit adalah mereka justru memiliki banyak sekali kartu kredit. Sekali lagi, banyak orang beranggapan bahwa memiliki kartu kredit sama artinya dengan memiliki uang tambahan.

Hal itu tidak benar sama sekali. Kartu kredit bukanlah uang tambahan. Karena Anda memiliki banyak kartu kredit maka Anda akan semakin kebingungan. Parahnya, Anda pun juga akan terlambat untuk membayar tagihannya. Akan sangat berbahaya jika Anda lupa membayar tagihan dan tagihan tersebut semakin menumpuk.

Perhatikan sekali lagi bahwa kartu kredit bukanlah uang tambahan. Hal ini sangat berbahaya jika diteruskan karena itu artinya Anda akan menambah kartu kredit yang Anda miliki. Secara umum, kartu kredit hanyalah alat bantu pembayaran yang sifatnya hutang.

Hutang artinya Anda harus membayarnya dengan uang tabungan Anda. Semakin Anda menggunakan kartu kredit maka diakhir bulan tagihan akan diambil dari tabungan Anda. Hal lain yang tidak boleh Anda lakukan bahkan tergolong hal terlarang adalah menggunakan kartu kredit untuk semua belanja Anda. Kartu kredit memang lebih cepat dan sederhana daripada memggunakan uang tunai.

Karena itu, Anda berpikiran bahwa kartu kredit bisa digunakan untuk semua pembayaran. Hal ini salah besar! Yang tidak Anda sadari adalah terkadang Anda harus menanggung biaya tambahan. Umumnya biaya tambahan tersebut dikenakan untuk produk dengan margin kecil. Jika Anda terus menggunakan kartu kredit tanpa tahu bahwa Anda harus membayar biaya tambahan, maka tabungan Anda akan terkuras dan itu artinya Anda tidak akan memiliki uang.

Untuk itu, ada baiknya untuk mengelompokkan terlebih dahulu mana yang harus dibeli dengan uang tunai dan produk mana yang harus dibeli dengan kartu kredit. Intinya, usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan kartu kredit.

Memiliki Kartu Kredit

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *