Tips Merencanakan Keuangan

Teropong Keuangan, Tips and Tricks
Tips Merencanakan Keuangan

Manajemen keuangan tentunya memiliki peran yang sangat penting bagi semua orang terutama bagi mereka yang sudah berpenghasilan. Manajemen keuangan layaknya dua sisi mata pisau yang mana salah satunya tajam dan berbahaya jika tidak digunakan secara bijak. Sebaliknya, sisi lain dari manajemen keuangan yang baik dan disiplin akan membawa efek positif bagi si pemilik finansial. Berikut terdapat beberapa tips cerdas merencanakan keuangan secara bijak.

Utamakan Kebutuhan daripada Keinginan

Tips merencanakan keuangan yang pertama adalah gunakan/manfaatkan finansial Anda sesuai dengan kebutuhan saja. Dalam hal ini Anda harus bijak dalam membelanjakan uang Anda. Anda diperbolehkan belanjakan uang Anda untuk keperluan Anda saja bukan untuk benda-benda yang Anda inginkan. Sebut saja contohnya Anda boleh saja menggunakan uang Anda untuk membeli buku penunjang studi Anda. Namun Anda sebaiknya mampu mengontrol keinginan Anda untuk tidak membeli novel kesayangan Anda. Ini hanyalah salah satu contoh saja. Masih banyak contoh lainnya yang biasa kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita.

Tips merencanakan keuangan yang kedua adalah sisihkan pendapatan Anda secara rutin atau tiap bulannya sebagai tabungan masa depan Anda. Tabungan masa depan ini sangat penting bagi Anda untuk menopang masa depan Anda kelak. Bentuk tabungan masa depan ini cukup variatif. Anda bisa menyisihkan sedikit pendapatan Anda tiap bulan untuk membayar premi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi mobil dan masih banyak jenis asuransi lainnya. Dengan menjadi anggota asuransi, Anda akan mendapatkan jaminan baik jaminan kesehatan, dan lain-lain dari tabungan masa depan Anda ini.

Gunakan Kartu Kredit Secara Bijak

Tips merecanakan keuangan yang ketiga adalah tidak berlaku hidup boros. Salah satu trik agar Anda tidak berlaku hidup boros adalah cukup memakai satu jenis kartu kredit saja. Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, sebaiknya cukup gunakan satu kartu kredit saja dan Anda bisa menyimpan kartu kredit Anda lainnya di rumah. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengontrol keinginan Anda untuk selalu membelanjakan uang Anda. Kemudian cara lainnya yaitu Anda bisa menyisihkan uang Anda untuk kebutuhan Anda selama satu bulan. Mungkin awalnya cukup sulit bagi Anda untuk menyisihkan uang Anda khusus untuk kebutuhan Anda selama  satu bulan, namun jika sudah terbiasa Anda akan melihat manfaatnya.

Tips merencanakan keuangan yang berikutnya adalah disiplin dalam membayar angsuran atau tagihan seperti cicilan rumah, tagihan kartu kredit dan cicilan kendaraan tiap bulannya. Jika semua tagihan atau cicilan dibayarkan tepat waktu, maka manajemen keuangan kita akan lancar. Dan tips merencanakan keuangan yang terakhir adalah mempersiapkan kebutuhan finansial untuk hari tua. Jika persiapan finansial Anda sudah dikatakan mapan untuk hari tua Anda, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehidupan hari tua Anda.

Be Sociable, Share!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *