Teropong Bisnis | Homepage
Tips Melakukan Manajemen Keuangan dan Berinvestasi

Tips Melakukan Manajemen Keuangan dan Berinvestasi

0 Comments 🕔15.Sep 2013

Untuk bisa berinvestasi dengan baik, tentunya Anda harus cerdas dalam mengatur keadaan finansial Anda. Banyak orang yang kurang bisa melakukan manajemen keuangan dengan baik sehingga pada akhirnya mereka harus gagal dalam berbisnis. Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa tips dibawah ini agar bisa memanajemen keuangan yang dimiliki dengan baik. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah belajar untuk menabung atau berinvestasi mulai dari sekarang. Banyak orang yang menganggap bahwa investasi atau menabung itu dilakukan saat uang kita sudah banyak saja, atau menunggu kalau nanti kita sudah tua. Hal ini merupakan mindset yang salah dan tentunya akan merugikan Anda di masa depan nanti.

Investasi dan Menabung Mulai dari Sekarang

Coba bayangkan, sampai kapan Anda bisa kuat bekerja setiap harinya? Ada kalanya nanti Anda akan lelah dan tiba di masa tua. Apabila Anda memiliki investasi yang menguntungkan, maka masa tua Anda sudah pasti akan terjamin. Tetapi, jika masa tua Anda dijalani tanpa investasi, ini nantinya malah akan menyusahkan Anda. Banyak masalah finansial yang akan dialami di masa tua jika menabung atau berinvestasi tidak dilakukan mulai dari sekarang. Jika Anda mempunyai uang yang cukup, maka gunakanlah uang tersebut untuk berinvestasi, contoh yang sederhana adalah dengan membuka kos-kosan apabila Anda memiliki rumah yang cukup besar. Ditambah lagi, jika Anda tinggal di daerah yang dekat dengan kampus atau kantor, maka kos-kosan yang Anda miliki akan dijamin laku keras.

5c Tips Melakukan Manajemen Keuangan dan Berinvestasi

Tentukan Strategi Finansial untuk Masa Depan

Kedua, pastikan untuk mengetahui dan merencanakan dengan baik mau dikemanakan uang investasi tersebut. Selanjutnya, Anda juga harus berpikir ke depan untuk mengembangkan investasi yang dimiliki jika ternyata investasi tersebut sukses. Banyak orang yang berhasil melakukan investasinya di masa muda. Maka dari itu, Anda tidak boleh ragu dalam melakukan hal ini pula. Salah satu jenis investasi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat adalah investasi properti. Dengan membeli properti dengan harga yang terjangkau lalu menjualnya dengan harga yang lebih 30% atau 40% dari harga aslinya, maka Anda akan bisa memperoleh keuntungan dengan mudah.

Ketiga, biasakan pula untuk menabung 10% atau 30% dari uang penghasilan Anda. Kalau bisa lebih dari itu akan lebih baik lagi. Terutama jika Anda memiliki keluarga kecil yang tidak memerlukan pengeluaran yang cukup banyak. Dengan menabung, Anda bisa belajar untuk mengeluarkan uang dengan bijak. Jangan mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting jika memang tidak perlu. Selain itu, jangan mudah tergoda untuk membeli kebutuhan tersier jika tidak terlalu dibutuhan. Utamakan kebutuhan primer yang Anda perlukan saat ini. Dengan melakukan manajemen finansial dengan benar, maka kebutuhan sehari-hari Anda saat ini akan bisa tercukupi.

Similar Articles

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Trik Menggunakan Kartu Kredit yang Benar

Trik Menggunakan Kartu Kredit yang Benar 0

Banyak sekali orang yang akhirnya terlilit masalah keuangan karena menggunakan kartu kredit. Lalu, bagaimana jika

7 Setan Pembawa Masalah Keuangan

7 Setan Pembawa Masalah Keuangan 0

Apakah Anda pernah merasa menyesal setelah membeli satu barang dan berpikir bila sebenarnya Anda tidak

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit 0

Bagi sebagian orang, kartu kredit menjadi sebuah solusi keuangan. Memang, kartu kredit bisa memberikan solusi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *