Teropong Bisnis | Homepage
Tips Hemat Anggaran Pasca Dolar Naik

Tips Hemat Anggaran Pasca Dolar Naik

0 Comments 🕔28.Aug 2013

Banyak sekali orang yang sangat frustasi karena nilai tukar rupiah yang kian melemah dari hari ke hari. Dolar yang semakin menguat tentu bukan menjadi pertanda baik bagi kita di Indonesia. Tidaklah mengherankan jika pakar ekonomi di Indonesia menyarankan BI melakukan segala upaya agar rupiah bisa naik lagi. Beberapa pakar ekonomi sebenarnya sudah memprediksi bahwa dolar akan tetap menguat dan rupiah melemah setidaknya sampai awal tahun depan.

Dolar yang naik tentu akan sangat berdampak pada para investor. Investor tentu harus mengeluarkan banyak uang karena kenaikan harga di mana-mana. Oleh karena itu, investor harus lebih jeli menghadapi keadaan ini atau mereka akan kehilangan uang mereka. Mereka juga harus mulai melakukan strategi dan juga tips menghemat anggaran mereka sendiri agar tidak merugi.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda cermati jika Anda adalah seorang investor yang memang ingin menghemat lebih banyak uang Anda. Anda juga harus tahu beberapa hal jika Anda seorang yang awam dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini. Pastikan kalau melemahnya rupiah tidak membuat Anda merugi terlalu besar dari bisnis investasi Anda maupun bisnis Anda lainnya.

Tips Hemat Anggaran Pasca Dolar Naik

Cermat Hadapi Nilai Tukar Fluktuatif

Memang rupiah juga bisa belum dianggap melemah dalam waktu yang lama. Kita memang lebih baik melihat rupiah dalam keadaan yang fluktuatif. Nilai mata uang rupiah yang fluktuatif tentu saja sangat mempengaruhi bisnis, investasi dan hal-hal lainnya. Keadaan ekonomi di Indonesia juga sangat terpuruk saat ini dengan ditambah beberapa harga barang yang merangkak naik.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari informasi yang akurat tentang semua transaksi yang memang Anda perlukan. Informasi adalah hal penting. Anda akan bisa maju dan bergerak dengan panduan informasi tersebut. Sebelum Anda menggunakan anggaran Anda, Anda memang harus pergi ke tempat yang terpercaya dan menanyakan semua hal untuk transaksi Anda tersebut.

Kedua, selalu tahu nilai mata uang rupiah setiap saat. Ini juga sangat penting untuk mencari waktu yang tepat untuk mengeluarkan uang. Kondisi rupiah yang fluktuatif tentu saja masih bisa dimanfaatkan. Anda bisa mencari waktu saat rupiah menguat dan menggunakan anggaran Anda. Nantinya Anda tidak akan mengeluarkan anggaran yang sangat besar walaupun rupiah akan melemah lagi pada penutupan.

Tips Hemat Anggaran Pasca Dolar Naik

Menunggu Bukan Solusi

Saat ini kita tidak akan pernah tahu kondisi rupiah beberapa jam yang akan datang. Anda memang harus segera memutuskan untuk menggunakan anggaran Anda ketikan rupiah sedang menguat. Walaupun mungkin menguatnya hanya sekian persen, Anda mungkin akan mendapati rupiah akan naik lagi beberapa saat kemudian. Rupiah saat ini memang cenderung lemah ketimbang kuat. Jadi lebih baik Anda segera menggunakan uang Anda ketika rupiah melemah.

Selain itu Anda juga bisa mencari beberapa saham yang memang tidak mengalami penurunan yang sangat drastis. Ini juga bisa menghemat anggaran Anda ketika dolar sedang merajai dunia. Banyak saham properti yang mengalami pelemahan namun masih ada satu dua yang tidak terpengaruh. Dan saham itulah yang akan membawa Anda ke posisi yang aman.

Similar Articles

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Trik Menggunakan Kartu Kredit yang Benar

Trik Menggunakan Kartu Kredit yang Benar 0

Banyak sekali orang yang akhirnya terlilit masalah keuangan karena menggunakan kartu kredit. Lalu, bagaimana jika

7 Setan Pembawa Masalah Keuangan

7 Setan Pembawa Masalah Keuangan 0

Apakah Anda pernah merasa menyesal setelah membeli satu barang dan berpikir bila sebenarnya Anda tidak

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit 0

Bagi sebagian orang, kartu kredit menjadi sebuah solusi keuangan. Memang, kartu kredit bisa memberikan solusi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *