Teropong Bisnis | Homepage
Tips Atasi Konflik dengan Rekan Kerja

Tips Atasi Konflik dengan Rekan Kerja

0 Comments 🕔28.Aug 2014

Anda tentunya akan merasa kurang ‘nyaman’ apabila anda sedang konflik dengan salah satu teman kerja anda di kantor. Kerja menjadi kurang fokus dan belum lagi anda harus menghadapi lingkungan kerja yang di dalamnya terdapat orang-orang yang terlibat konflik dengan anda. Jika anda menghadapi situasi seperti ini, janganlah anda hindari, akan tetapi cari solusinya dan segera selesaikan. Pasalnya banyaknya masalah di tempat kerja dapat mempengaruhi produktivitas dan kinerja seseorang di tempat kerja. Untuk menyelesaikan konflik tersebut, anda perlu introspeksi diri anda terlebih dahulu. Apakah anda berperan besar terhadap buruknya hubungan anda dengan lawankonflik anda. Baru kemudian anda selesaikan konflik anda.

Memang setiap orang memiliki style bekerja yang berbeda. Nah, untuk meredam kerenggangan hubungan dengan partner kerja, tidak ada salahnya bagi anda untuk sesekali berkolaborasi atau bekerjasama untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Mungkin dengan berkolaborasi dengan rekan kantor anda, anda akan jauh lebih produktif atau lebih kreatif untuk memunculkan ide-ide bagus. Kolaborasi dengan partner kerja mungkin juga dapat mengubah dinamika kerja anda yang mungkin semula lambat menjadi lebih gesit karena harus bersaing dengan partner kerja anda. Tips selanjutnya untuk memperbaiki hubungan yang sebelumnya merenggang adalah hindari tarik ulur yang ternyata mengubah apa yang jelas-jelas sudah gagal.

Tips berikutnya agar hubungan partnership anda kembali baik dengan rekan kerja anda adalah dengan tidak membiarkan resolusi yang sudah anda buat rusak dan anda kembali ke pola lama anda. Nah, agar semakin erat hubungannya, hilangkan gap antara junior dan senior, jika memang ternyata lawan konflik anda junior/ senior anda. Untuk anda sendiri, hilangkan penyakit-penyakit hati seperti iri hati terhadap partner-partner kerja anda. Penyakit-penyakit hati seperti iri hati memang berpotensi memicu sikap-sikap jelek lainnya seperti sikap menjelek-jelekan partner kerja di hadapan teman-teman kantor lainnya, menuduh partner kerja anda melakukan hal-hal yang tidak baik meski belum terbukti, dan masih banyak sikap jelek lainnya.

Hindari juga sikap memihak pada salah satu kelompok tertentu. umumnya meskipun tidak sengaja mengelompok, suatu kelompok dalam tempat kerja bisa saja terbentuk karena solidaritas pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. contoh sederhana: anda akrab dengan si A dan si B. karena terlalu akrab, anda seolah-olah sulit untuk menjalin kerjasama dengan partner lainnya selain A dan B. Padahal yang  namanya partnership dalam dunia kerja tidak mengenal teman dekat sebagai partner, melainkan hanya berdasarkan skill yang dimiliki. Bisa saja anda akan dipasangkan dengan si C yang bukanlah teman dekat anda untuk menyelesaikan suatu proyek yang harus ditangani oleh si C yang memang ahli di bidang tersebut. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk anda.

2. Tips Atasi Konflik dengan Rekan Kerja 2

Baca Juga :

Etika Melakukan Kerjasama Bisnis

Solusi Pengembangan Karier yang Efektif

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *