Teropong Bisnis | Homepage
Sukses Berbisnis dengan Mempelajari Tips Negosiasi Bisnis

Sukses Berbisnis dengan Mempelajari Tips Negosiasi Bisnis

0 Comments 🕔19.Aug 2014

Menjalankan bisnis tidak hanya menjual produk atau jasa saja. Bisnis juga erat kaitannya dengan negosiasi. Sayangnya tidak banyak pebisnis khususnya pebisnis pemula yang bisa bernegosiasi dengan baik. Bagaimana dengan Anda? Jika Anda merasa belum terlalu mahir untuk bernegosiasi, simak tips negosiasi bisnis yang baik. Dengan menjalankan tips tersebut besar kemungkinan tujuan Anda bernegosiasi akan tercapai.

Sampaikan keinginan Anda

Hal pertama yang harus Anda ketahui dalam tips negosiasi yang baik adalah menyampaikan keinginan Anda. Sampaikan keinginan tersebut secara jelas. Jangan terlalu panjang dan bertele-tele sehingga rekan Anda justru tidak mendapatkan poin negosiasi yang ingin Anda dapatkan. Tegaslah saat mengutarakan keingnan Anda tersebut. Jika Anda tegas maka rekan negosiasi Anda juga akan yakin dengan Anda.

Dengarkan rekan negosiasi Anda

Setelah menyampaikan keinginan Anda, kini saatnya Anda yang harus mendengarkan pendapat rekan negosiasi Anda. Dengarkan hingga rekan Anda selesai bicara dan jangan sekali-kali memotong pembicaraannya. Pelajari maksud dari perkataan mereka sebelum Anda memberikan pendapat.

Shutterstock - Business

Atur diri Anda saat bernegosiasi

Mengatur diri artinya adalah menenangkan pikiran dan sikap. Jangan terlihat gugup atau sering melakukan tingkah laku yang aneh. Bersikaplah profesional walaupun negosiasi tersebut masih berskala kecil. Dengan melakukan sikap yang profesional maka rekan negosiasi akan menilai bahwa Anda memang meyakinkan dan layak untuk menjadi rekan bisnis.

Perlu Anda ingat bahwa tips negosiasi tersebut tidak bisa dilakukan secara instan. Yang perlu Anda lakukan adalah melatih diri. Biasakan melakukan sikap yang baik walaupun tidak sedang bernegosiasi.

Pelajari sikap dan bagaimana seorang yang sukses saat melakukan negosiasi. Meniru terus menerus akan menjadi kebiasaan dan jika sudah menjadi kebiasaan Anda tidak akan gugup lagi saat berhadapan dengan kondisi negosiasi bisnis yang sebenarnya.

Itulah mengapa Anda perlu menyiapkan negosiasi bisnis beberapa hari sebelum negosiasi dilakukan. Persiapkan dengan matang. Jika perlu catat poin penting yang ingin Anda utarakan dalam negosiasi. Pastikan semua poin sudah Anda utarakan.

Mencatat poin negosiasi juga membantu Anda untuk mengutarakan secara runtut dan langsung pada pokok negosiasi. Hal ini juga akan mengurangi kendala saat negosiasi berlangsung sehingga prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil seperti yang Anda inginkan.

Tidak heran jika pebisnis sukses favorit Anda bisa sukses seperti sekarang adalah karena mereka pandai bernegosiasi. Negosiasi tidak dilakukan asal-asalan atau bahkan penu tipuan tapi harus dilakukan atas dasar sama-sama menguntungkan.

Semoga dengan proses negosiasi yang baik dan benar, Anda bisa mengembangkan bisnis sesuai dengan rencana dan jaringan bisnis Anda akan semakin luas. Pada akhirnya Anda bisa menjadi negosiator handal untuk terus menjalankan roda bisnis Anda hingga menjadi sukses di masa yang akan datang. Selamat berlatih dan merasakan manfaatnya.

group of people negotiate at the desk

Baca Juga :

Tips Bisnis Miliarder

6 Tips Jitu Lancar Memulai Bisnis Warlaba

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *