Teropong Bisnis | Homepage
Pemimpin Yang Baik Ala Ignasius Jonan

Pemimpin Yang Baik Ala Ignasius Jonan

0 Comments 🕔30.Aug 2014

Kunci kesuksesan sebuah perusahaan adalah integrasi yang baik antar semua aspek yang terlibat didalamnya. Karyawan, alat produksi, sistem perusahaan dan lainnya menjadi bagian penting untuk meraih kesuksesan tersebut. Namun, semua hal tersebut tidak akan dapat berjalan dan terkoordinasi dengan baik, tanpa adanya pemimpin yang baik.

Ada banyak kriteria pemimpin yang baik yang dapat membawa sebuah perusahaan menjadi sangat maju dan sukses. Menurut Ignasius Jonan, Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (KAI), pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menjadi teladan bawahannya.

Jonan sendiri sudah berhasil meraih berbagai macam penghargaan, seperti CEO BUMN Terbaik, Inovasi Manajemen BUMN Terbaik dan lainnya. Dan, berkat dialah, PT KAI dapat berubah dan menjadi salah satu BUMN terbaik negara ini. Hal ini juga berdampak pada keuntungan yang didapat perusahaan milik negara ini yang meningkat sangat tajam.

Jonan sendiri memang menerapkan apa yang dia anggap sebagai pemimpin yang dapat memberi contoh. Menurutnya, hal inilah modal utama seorang pemimpin yang baik yang mampu membawa perusahaanya menjadi lebih baik.

Salah satu contoh tindakannya yang sesuai dengan pemikirannya mengenai pemimpin yang baik adalah pada aturan larangan merokok. Jonan mengaku bahwa dirinya adalah seorang perokok. Namun, dia membuat aturan dilarang merokok didalam kereta api dan dia mematuhinya. Saat dia menggunakan dan berada di dalam kereta api, dia tidak merokok.

Jonan berpendapat bahwa semua aturan tersebut dibuat untuk kenyamanan penumpang. Dan, memang, kenyamanan penumpang yang menjadi konsumen perusahaan BUMN ini adalah yang paling utama. Bila kenyamanan terjamin, maka mereka akan terus menggunakan layanan perusahaan. Hal ini akan dapat membantu majunya perusahaan.

Meskipun demikian, banyak hambatan dan tantangan yang dihadapi Jonan dalam menerapkan konsep pemimpin yang baik ini. Banyak hambatan dan tantangan tersebut datang dari pihak PT KAI sendiri.

Salah satu contoh yang paling mengejutkan adalah aturan mengenai Pedagang Kaki Lima (PKL) di stasiun. Pihaknya gencar melakukan penertiban PKL ini untuk kenyamanan penumpan. Namun, dia menemukan ada salah satu oknum pegawai yang menjadi sumber masalah. Oknum pegawai PT KAI ini ternyata menguasai 100 kios PKL yang seharusnya dia tertibkan.

Uang sewa kios PKL ini diambil oleh oknum pegawai tersebut. Hal ini tentunya tidak benar, karena seharusnya, uang sewa tersebut diperuntukkan untuk PT KAI.

Jonan mengungkapkan bahwa oknum pegawai tersebut telah ditindak tegas. Hal ini harus dilakukan, termasuk pada oknum-oknum lain yang melanggar agar ketertiban dan disiplin dapat terjaga. Kedua hal ini akan dapat membuat perusahaan transportasi milik negara ini semakin maju dan berkembang. Dan, bila hal ini dapat dicapai, maka yang diuntungkan tidak hanya negara, tetapi rakyat Indonesia sebagai pengguna sarana transportasi kereta api.

1.Pemimpin2

Baca Juga :

Resep Pemimpin Sejati Ala Ignasius Jonan

9 Blog Entrepreneur, Peras Segala Sari Bisnis untuk Bisnis Anda

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *