Teropong Bisnis | Homepage
Nasihat Bisnis Yang Tidak Masuk Akal Menjadi Titik Balik Brian Chesky

Nasihat Bisnis Yang Tidak Masuk Akal Menjadi Titik Balik Brian Chesky

0 Comments 🕔27.Aug 2014

Air BnB adalah salah satu bisnis unik yang didirikan oleh Brian Chesky. Bisnis ini menggunakan jasa rumah atau tempat tinggal anggotanya yang berasal dari berbagai negara sebagai tempat penginapan. Memang, layanan yang diberikan tidak semewah hotel yang biasanya digunakan para turis saat bepergian ke negara lain. Namun, harga murah dan pengalaman unik yang didapat dari layanan ini, membuat bisnis ini berkembang dan semakin disukai banyak pelancong.

Tetapi, tahukah Anda awal mula kesuksesan Brian dengan bisnis uniknya? Semua ini berawal dari nasihat bisnis yang diterima Brian dari Paul Graham pada Januari 2009. Paul Graham sendiri adalah salah seorang entrepreneur berpengalaman dari Y Combinator. Nasihat yang dia berikan kepada Brian adalah untuk membuat bisnis dengan skala yang tidak membesar.

Kala menerima nasihat bisnis ini, Brian menganggapnya tidak masuk akal. Semua pebisnis ingin bisnisnya berkembang dan mempunyai skala yang besar.

Akan tetapi, Brian tidak serta merta melupakan nasihat bisnis dari Paul Graham, yang dikenal dengan pengalamannya. Dia mencoba mencari makna dari nasihat tersebut, dan akhirnya menemukannya.

Brian menemukan bahwa untuk membuat Air BnB sukses, dia tidak dapat terburu-buru. Memang, memperbesar skala bisnis adalah tujuan utama. Namun, hal tersebut harus dilakukan pada saat yang tepat.

Nasihat bisnis Paul menyiratkan bahwa untuk mengembangkan bisnis, pebisnis harus fokus pada satu hal terlebih dahulu. Untuk Air BnB, diperlukan perbaikan dan peningkatan layanan yang ada. Dengan demikian, pelanggan akan merasakan pengalaman yang lebih baik dan juga memuaskan mereka.

Setelah semuanya tercapai, maka proses scaling-up dapat dilakukan. Langkah memperbesar skala bisnis juga perlu dipertimbangkan.

Untuk bisnis semacam Air BnB, akan lebih baik, bila langkah pertama pengembangan adalah dengan menambah kamar atau tempat untuk disewakan. Hal ini dapat menghemat lebih banyak biaya dan memperluas jaringan pasar. Jaringan pasar yang luas akan dapat membantu meningkatkan keuntungan yang diterima.

Pada dasarnya, untuk dapat mengembangkan bisnis, kita tidak dapat memecah konsentrasi kita pada berbagai hal. Selain itu, membidik target yang jauh lebih besar juga sangat tidak baik untuk bisnis kita. Sebaiknya, bisnis dikembangkan secara bertahap dari hal yang paling sederhana. Seperti yang kita semua tahu, semua hal yang ada di dalam perusahaan, mempunyai peran penting bahkan yang terkecil sekalipun.

Sayangnya, banyak pemilik bisnis melupakan hal diatas. Mereka lebih fokus pada pemecahan masalah yang sangat sulit, daripada masalah yang sepele. Perlu diketahui, masalah yang sepele bila dibiarkan dan menumpuk, akan menjadi ancaman yang lebih besar untuk perusahaan.

Brian Chesky membuktikan dengan nasihat bisnis yang dia terima, dia berhasil mengembangkan bisnisnya. Dan kini, dia menjadi salah satu entrepreneur muda paling sukses di dunia.

Airbnb CEO Brian Chesky Interview

Baca Juga :

Brian Chesky, CEO Tanpa Rumah

Jadi Jutawan dari Usaha Jasa Antar

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *