Teropong Bisnis | Homepage
Metode WAI, Cara Praktis Memilih Saham Perusahaan Tepat Untuk Investasi

Metode WAI, Cara Praktis Memilih Saham Perusahaan Tepat Untuk Investasi

0 Comments 🕔26.Aug 2014

Ada banyak faktor yang digunakan investor saham dalam memilih perusahaan dimana mereka akan menanamkan uang mereka. Likuiditas yang tinggi, fundamental keuangan yang stabil, profitabilitas yang tinggi, kinerja perusahaan yang dilihat dari laporan keuangan mereka adalah beberapa diantaranya.

Banyak orang berpikir bahwa ujung dari semua faktor tersebut adalah laba yang tinggi. Namun, ada satu hal lagi yang juga digunakan investor saham untuk memilih perusahaan. Wealth Added Index atau disingkat WAI menjadi faktor penentu langkah investor saham. WAI sendiri adalah kemampuan sebuah perusahaan untuk mengembangkan aset kekayaan mereka.

Metode WAI ini dikembangkan oleh Stern Value Management. Metode ini digunakan untuk menentukan return minimal yang akan diterima investor.

Untuk menghitung WAI, ada beberapa hal yang digunakan oleh para investor. Yang pertama adalah Cost of Equity (CoE). CoE adalah perkiraan return yang didapat dari pengamatan potensial cost yang akan dikeluarkan dan resiko yang ada. CoE ini akan menjadi dasar dari angka WAI yang didapat.

Para investor saham mengharapkan perusahaan yang dapat memberikan angka WAI positif. Untuk menemukan ini, investor saham menghitung dari selisih total return yang mereka terima dengan CoE perusahaan tersebut. Bila total return lebih besar dari CoE, maka perusahaan tersebut dikategorikan perusahaan baik untuk investasi.

Dilain sisi, bila total return sama dengan CoE perusahaan, maka resiko investasi masih sangat beasr. Oleh karena itu, peruashaan seperti ini dapat dikatakan belum dapat mengembangkan asek kekayaan mereka. Artinya, tidak terlalu berpotensi menghasilkan keuntungan untuk investasi.

Metode WAI menjadi salah satu cara paling populer untuk perkiraan investasi saat ini. Hal ini dikarenakan metode ini dapat mengkalkulasi resiko dan keuntungan yang diterima investor dengan lebih mudah.

Bila Anda tertarik menggunakan metode WAI ini, Majalah SWA telah membuat daftar perusahaan Indonesia dengan WAI terbaik untuk tahun 2014. 100 perusahaan yang terdapat di dalam daftar ini diambil berdasarkan data Bloomberg untuk periode 2009 hingga 2013.

Menurut daftar SWA 100 Indonesia’s Best Wealth Creator 2014 ini, ada beberapa nama perusahaan besar yang masuk di dalamnya. Salah satunya adalah BCA (BBCA). BCA menempati peringkat ke-4. Sedangkan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Astra International Tbk (ASII), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), kokoh menempati 3 peringkat diatas BCA.

Meskipun demikian, menurut perhitungan dengan metode WAI, BCA mencatatkan WAI paling tinggi untuk kategori perusahaan perbankan. BCA berhasil melebihi bank-bank BUMN lainnya. Pencapaian ini sama dengan pencapaian bank ini tahun lalu.

Jahja Setiaatmadja, Direktur Utama BCA, mengungkapkan ada beberapa hal yang pihaknya lakukan untuk mendapatkan WAI tertinggi ini. Contohnya, BCA berhasil mempertahankan likuiditas yang tinggi, memperbaiki profitabilitas mereka dan memperkuat permodalan.

Selain itu, transparansi dalam pengelolaan perusahaan juga menjadi kunci mendapatka kepercayaan dari investor. Menurut Jahja, kejujuran menjadi kunci penting disini.

2.Metode WAI, Cara Praktis Memilih Saham Perusahaan Tepat Untuk Investasi 2

Baca Juga :

Data Perumahan AS Selamatkan Bursa Saham Asia Pasifik

ISIS dan Bursa Saham AS Pekan Ini

Similar Articles

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Trik Menggunakan Kartu Kredit yang Benar

Trik Menggunakan Kartu Kredit yang Benar 0

Banyak sekali orang yang akhirnya terlilit masalah keuangan karena menggunakan kartu kredit. Lalu, bagaimana jika

7 Setan Pembawa Masalah Keuangan

7 Setan Pembawa Masalah Keuangan 0

Apakah Anda pernah merasa menyesal setelah membeli satu barang dan berpikir bila sebenarnya Anda tidak

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit 0

Bagi sebagian orang, kartu kredit menjadi sebuah solusi keuangan. Memang, kartu kredit bisa memberikan solusi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *