Teropong Bisnis | Homepage
Mengontrol Perkembangan Bisnis Setelah Lolos Fase Startup

Mengontrol Perkembangan Bisnis Setelah Lolos Fase Startup

0 Comments 🕔22.Aug 2014

Peralihan dari fase startup (perintisan) bisnis menuju scalling up (perkembangan) bisnis menjadi fase yang sangat penting. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah mengenai aspek finansial yang akan keluarkan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Pasalnya, pengeluaran Anda akan seringkali tidak terkontrol dan membengkak. Jika tidak diperhatikan, bisa jadi Anda akan mengalami kegagalan dan bahkan mengulangi fase startup bisnis kembali. Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengontrol perkembangan bisnis Anda?

Persiapkan Dana Lebih

Pada saat bisnis mulai berkembang, Anda pasti akan mengeluarkan banyak dana. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan dana lebih sebelum memutuskan untuk mengembangkan bisnis. Dana bisa berasal dari tabungan bisnis yang memang sudah Anda siapkan khusus untuk fase perkembangan. Selain menggunakan dana yang Anda siapkan untuk fase tersebut, Anda juga bisa menyiapkan dana dari berbagai sumber. Beberapa sumber dana yang bisa digunakan untuk mengontrol perkembangan bisnis adalah investor, bank, dana masyarakat, kartu kredit, dan lain-lain. Jika dirasa sudah aman dan siap, Anda bisa juga memilih berhutang ke bank karena investor justru lebih terpikat dengan pilihan Anda ini.

Business plan with pencils isolated on white

Pahami Keinginan Pemilik Modal

Jika Anda memutuskan untuk mencari dana tambahan melalui pemodal atau investor dari pihak luar, suka atau tidak suka Anda harus memahami apa keinginan mereka. Tentu saja, mereka juga ingin mendapatkan keuntungan dari pemberian modal kepada bisnis Anda tersebut. Jangan hanya memikirkan idealisme Anda tetapi pikirkan mengenai apa yang membuat mereka tertarik untuk memberikan dana kepada bisnis Anda. Contohnya ketika Anda memilih mendapatkan dana dari bank. Pastikan bahwa Anda bisa melunasi dana tersebut sesuai dengan peraturan dan jangka waktu yang sudah ditetapkan. Anda juga bisa mengajukan dana tambahan kepada beberapa institusi yang menekankan pada riset. Untuk menarik perhatian mereka, Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda bisa memecahkan masalah di lapangan. Dengan begitu, mereka juga mendapatkan keuntungan setelah menyalurkan dana pada bisnis Anda. Intinya, jika ingin mendapatkan modal dari pihak ke tiga, pelajari fokus aktivitas atau visi dan misi mereka kemudian pastikan bahwa bisnis Anda sejalan dengan fokus tersebut.

Memahami Kondisi Bisnis Anda

Segenting-gentingnya dana, Anda harus tetap memahami kondisi bisnis yang sedang Anda jalankan. Untuk itu, Anda harus membuat perencanaan bisnis mulai dari startup. Jika dirasa bahwa dana dari bank tidak memungkinkan maka jangan Anda paksakan. Memaksakan diri justru akan membahayakan bisnis Anda dan justru dana yang perlu Anda keluarkan akan semakin tidak terkontrol.

Semoga dengan penjelasan mengontrol perkembangan bisnis ini, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan baik tanpa halangan yang berarti. Tidak bisa dipungkiri bahwa halangan pasti ada namun jika Anda sudah mempersiapkan dengan baik, semua halangan bisa diminilalisir dan diatasi.

1.Mengontrol Perkembangan Bisnis Setelah Lolos Fase Startup3

Baca Juga :

4 Langkah Ringan Memulai Bisnis untuk Sukses

Kunci Penting Memulai Bisnis dengan Banyak Pihak

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *