Memantau Perkembangan Bisnis Dengan Membuat Pembukuan Keuangan

Tips and Tricks
2.Memantau Perkembangan Bisnis dengan Membuat Pembukuan Keuangan1

Menjadi seorang entrepreneur memang tidak semudah yang dibayangkan. Proses yang dilakukan tidak hanya menjual barang atau jasa. Jika Anda ingin menjadi entrepreneur yang sukses dan berkembang, maka perhatikan pula soal sistem. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan saat membangun sistem adalah mengenai pembukuan keuangan yang sedang Anda jalankan.

Dengan memiliki pembukuan yang baik, Anda bisa mengorganisir bisnis dengan lebih mudah. Hal ini termasuk mengorganisir keuangan bisnis Anda. Setidaknya, Anda akan tahu alur penerimaan uang, pemasukan, serta inventarisasi dokumen yang lebih baik.

Sayangnya, ada beberapa entrepreneur khususnya entrepreneur pemula yang masih kesulitan untuk membuat pembukuan keuangan. Artikel ini akan memberikan sedikit informasi mengenai bagaimana cara membukukan keuangan bisnis Anda secara sederhana.

Langkah awal untuk membuat pembukuan secara sederhana adalah dengan mencatat semua pengeluaran dan pemasukan. Buatlah catatan sederhana mengenai semua biaya yang sudah Anda keluarkan untuk bisnis tersebut serta pemasukan yang berhasil Anda dapatkan.

Dalam proses pencatatan, jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran dan semua bon pembayaran. Lakukan proses pencatatan tersebut secara rutin. Jika Anda sudah mulai rutin melakukan pencatatan dan bisnis Anda mulai berkembang, belilah peralatan pendukung.

bisnis, keuangan, pembukuan, bisnis

Di era teknologi seperti sekarang ini, sudah banyak sekali software yang didesain khusus untuk bisnis termasuk untuk melakukan pembukuan. Dengan menggunakan software tersebut, proses pencatatan akan semakin mudah dan cepat. Setidaknya, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga.

Selain itu, nantinya Anda juga bisa membuat rangkuman bisnis Anda khususnya kondisi keuangan dalam sebulan. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah bisnis yang Anda jalankan ini memang menghasilkan atau tidak. Bahkan, laporan tersebut bisa Anda baca dalam bentuk grafik pendapatan untuk setiap bulan atau setiap tahun.

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan untuk membuat pembukuan keuangan adalah dengan membuat laporan keuangan. Sama halnya dengan catatan pengeluaran dan pemasukan, Anda juga bisa membuat laporan keuangan sederhana.

Dalam proses ini, Anda harus mencantumkan laporan laba, rugi, dan arus kas. Dengan begitu, Anda mengetahui arus perputaran uang dari bisnis Anda tersebut. Nantinya, Anda bisa menentukan langkah selanjutnya jika memang bisnis Anda mendapatkan laba. Jika terjadi kerugian, Anda juga mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Melihat penjelasan di atas saja, Anda sudah tahu pentingnya membuat buku keuangan untuk bisnis Anda, bukan? Memantau perkembangan bisnis Anda memang tidaklah mudah bahkan terkadang sangat rumit.

Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana mensiasati hal ini agar bisnis tetap berjalan dengan maksimal. Membuat laporan seperti ini akan sangat membantu Anda dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Sekarang, coba praktekkan penjelasan di atas dan buktikan sendiri kemudahannya untuk bisnis yang Anda jalankan saat ini.

bisnis, keuangan, pembukuan, bisnis

BACA JUGA;

Kondisi Terkini Penguatan Nilai Tukar Rupiah

Masyarakat Diminta Tenang dengan Kondisi Nilai Tukar Rupiah

Be Sociable, Share!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *