Teropong Bisnis | Homepage
Kulik Lebih Dalam Mengenai Bisnis Perseorangan

Kulik Lebih Dalam Mengenai Bisnis Perseorangan

0 Comments 🕔25.Aug 2014

Ada banyak jenis bisnis yang dapat Anda pilih dan jalani. Salah satunya adalah bisnis perseorangan. Seperti namanya, Anda akan menjadi satu-satunya pemimpin dan penggerak perusahaan Anda.

Bisnis perseorangan memang terlihat menarik, karena adanya kebebasan atau fleksibilitas yang ditawarkannya. Namun, Anda juga harus tahu lebih dalam terlebih dahulu mengenai jenis bisnis ini sebelum Anda memilihnya.

Bisnis perseorangan pada dasarnya adalah sebuah usaha yang menempatkan Anda sebagai pemilik tunggal. Bentuk bisnis jenis ini sangat sederhana, karena hal ini pula, formalitas hukum untuk perusahaan Anda pun menjadi lebih sederhana. Anda tidak perlu mengurus administrasi hukum yang terlalu rumit, layaknya saat Anda mendirikan perusahaan bersama.

Melihat keuntungan bisnis perseorangan diatas, tentu terlihat sangat menggiurkan untuk dicoba. Akan tetapi, bisnis jenis ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Salah satu masalah yang dapat Anda alami adalah adanya tanggung jawab yang sangat besar di pundah Anda.

Anda sebagai pemilik tunggal mempunyai tanggung jawab sepenuhnya akan apa yang terjadi pada bisnis Anda. Artinya, bila muncul masalah hukum, Andalah yang harus menanggung masalah ini.

Selain masalah hukum, keuangan juga menjadi salah satu kekurangan bisnis perseorangan ini. Bila bisnis Anda mengalami kerugian, pihak yang harus menanggung kerugian ini hanya Anda seorang. Masalah-masalah seperti penipuan, gagal bayar dan lainnya dapat mengganggu Anda.

Bila ada masalah pada bisnis perseorangan Anda, Andalah satu-satunya orang yang dapat dituntut secara hukum. Identitas binsis perseorangan pada dasarnya sama dengan identitas Anda. Jadi, masalah pada bisnis Anda juga akan menimpa diri Anda.

Resiko bisnis perseorangan juga sangat tinggi. Bila perusahaan Anda gagal memenuhi tunggakan dari kreditur, maka akan ada aset pribadi Anda yang perlu dikorbankan untuk menutupi utang Anda. Bila masalah ini terjadi secara terus menerus, bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan semua aset pribadi Anda.

Memang, bisnis perseorangan menjajikan pendapatan yang sangat besar. Hal ini dikarenakan, keuntungan yang didapat tidak dibagi dengan pihak lain. Namun, hal ini juga dapat menimbulkan masalah.

Penghasilan yang sangat besar akan membuat kewajiban pajak Anda juga semakin besar. Anda akan perlu menyisihkan banyak dana untuk memenuhi kewajiban ini. Karena hal ini pula, bila dilihat dari tingkat efisiensi pajak perusahaan, maka bisnis perseorangan kurang tepat.

Meskipun banyak kekurangan dari bisnis perseorangan, bukan berarti Anda tidak disarankan untuk memilih jenis bisnis ini. Anda masih dapat memulai dan menjalankan bisnis perseorangan dalam bentuk usaha kecil. Usaha kecil ini Anda jadikan sebagai landasan untuk memulai usaha yang lebih besar. Artinya, Anda menggunakan bisnis perseorangan ini untuk meneliti struktur bisnis Anda, lalu mengembangkannya menjadi perusahaan yang lebih besar.

2.Kulik Lebih Dalam Mengenai Bisnis Perseorangan 2

Baca Juga :

Mengontrol Perkembangan Bisnis Setelah Lolos Fase Startup

Tips Bisnis yang Menjadi Rahasia Pebisnis Sukses

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *