Teropong Bisnis | Homepage
Ini Cara Pengelolaan SDM Paling Mudah

Ini Cara Pengelolaan SDM Paling Mudah

0 Comments 🕔11.Aug 2014

Dalam sebuah perusahaan, terdapat banyak aspek yang mendukung berjalannya atau suksesnya sebuah perusahaan. Salah satunya adalah Sumber Daya Manusia (SDM). SDM dapat dikatakan sebagai salah satu unsur terpenting dan aset terpenting dari sebuah perusahaan. Bila perusahaan diibaratkan sebagai mesin, maka SDM menjadi gear atau roda-roda yang menggerakan mesin tersebut.

Untuk memaksimalkan potensi dari SDM di perusahaan, diperlukan pengelolaan SDM yang baik. Namun, bagi pebisnis yang mempunyai latar belakan dunia Teknologi Informasi (TI), seringkali mengalami masalah. Hal ini dikarenakan, para pebisnis dengan latar belakang ini, lebih sering berhadapan dengan hal-hal berbau teknis. Jadi, sering ada hambatan saat mereka harus mengatur banyak SDM di perusahaan mereka.

Bila Anda mengalami masalah yang sama, ada beberapa solusi yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah mencontoh pebisnis sukses yang mempunyai masalah yang sama dan berhasil mengatasinya.

Salah satu pebisnis yang mempunyai masalah dengan pengelolaan SDM ini adalah Natali Ardianto. Chief Technology Officer (CTO) dan juga salah satu dari pendiri Tiket.com ini mempunyai masalah diatas saat pertama kali mengelola perusahaan ini. Namun, dia berhasil mengatasinya dengan 2 cara, yaitu ketegasan dan keterbukaan.

Ketegasan dibutuhkan dalam pengelolaan SDM di perusahaan Anda. Kadang kala, ada rasa enggan dan sungkan saat harus menegur pegawai Anda, khususnya yang lebih tua. Dan, yang dilakukan banyak orang saat menghadapi situasi ini adalah memendam masalah tersebut.

Memendam apa yang hendak Anda sampaikan tidak akan baik untuk semua pihak. Semakin lama dipendam, maka akan semakin besar terjadinya peluang dimana emosi Anda meledak, saat ada masalah. Bila hal ini terjadi, perusahaan Anda yang akan terkena dampak buruknya.

Anda harus tegas bila ada sesuatu yang tidak benar terjadi karena ulah oknum atau sebagian karyawan Anda. Hilangkan hal ini dan jangan biarkan berkembang, melalui ketegasan Anda. Namun, Anda juga harus melakukannya dengan cara yang tepat, yaitu cara kekeluargaan.

Cara yang kedua yaitu keterbukaan. Natali mengalami hal ini, dimana ada seorang karyawannya yang tidak lagi bekerja padanya menyebarkan isu tidak menyenangkan mengenai perusahaannya. Karena hal ini pula, keterbukaan sangat diperlukan. Anda harus mendorong karyawan Anda untuk lebih terbuka dan mengatakan pendapat mereka, bila ada masalah.

Dengan keterbukaan, Anda akan menghindari kondisi yang tidak sehat di dalam perusahaan. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi semua aspek yang terlibat di perusahaan Anda. Hasilnya, perusahaan Anda akan dapat berjalan lebih lancar.

Pada dasarnya, pengelolaan SDM perusahaan Anda bergantun pada bagaimana Anda berkomunikasi dengan karyawan Anda. Bila Anda mampu melakukannya dengan baik, maka SDM perusahaan dapat bekerja dengan lebih optimal. Hal inilah yang diinginkan oleh semua pemilik perusahaan.

1.Ini Cara Pengelolaan SDM Paling Mudah 2

Baca Juga :

Inilah Cara Mempertahankan SDM yang Berkualitas dalam Bisnis

Pekerja Lepas Tepat untuk Bisnis Online Sukses

Similar Articles

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Trik Menggunakan Kartu Kredit yang Benar

Trik Menggunakan Kartu Kredit yang Benar 0

Banyak sekali orang yang akhirnya terlilit masalah keuangan karena menggunakan kartu kredit. Lalu, bagaimana jika

7 Setan Pembawa Masalah Keuangan

7 Setan Pembawa Masalah Keuangan 0

Apakah Anda pernah merasa menyesal setelah membeli satu barang dan berpikir bila sebenarnya Anda tidak

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit 0

Bagi sebagian orang, kartu kredit menjadi sebuah solusi keuangan. Memang, kartu kredit bisa memberikan solusi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *