Teropong Bisnis | Homepage
Cara untuk Mengantisipasi Merosotnya Nilai Tukar Rupiah

Cara untuk Mengantisipasi Merosotnya Nilai Tukar Rupiah

0 Comments 🕔07.Sep 2013

Dewasa ini, Anda mungkin sering sekali melihat berita mengenai kemerosotan nilai rupiah terhadap dollar. Masalah ekonomi yang ada di Negara ini mengakibatkan banyak sekali permasalahan, salah satunya adalah nilai tukar dollar yang menjadi sangat tinggi. Merosotnya nilai tukar rupiah juga dipicu oleh jatuhnya harga saham saat ini. IHSG juga makin lama kian menukik tajam sehingga menyebabkan harag saham yang ada di wilayah regional turun dalam jumlah yang dratis. Masalah yang satu ini sampai sekarang masih belum bisa ditemukan solusinya. Nilai tukar rupiah terhadap dollar saat ini juga sudah mencapai kisaran angka 12 ribu rupiah untuk satu dollarnya. Dengan demikian, ini menunjukan bahwa kondisi ekonomi yang ada di Negara kita saat ini sedang tidak sehat. Situasi yang satu ini tentu saja membat keresahan bagi semua orang.

Masalah Ekonomi di Indonesia

Tidak hanya kaum bawah saja yang merasa dirugikan tapi juga para investor banyak yang khawatir jika ingin menginvestasikan uang yang mereka miliki mengingat harga saham dan nilai tukar rupiah yang saat ini sedang bermasalah. Mereka juga saat ini tengah mengejar dana yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari tetapi dana yang  besar itu terasa sulit untuk didapatkan mengingat banyak sekali permasalahan ekonomi yang melanda di Negara ini. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi uang Anda saat nilau tukar rupiah terhadap dollar semakin naik.

1a Cara untuk Mengantisipasi Merosotnya Nilai Tukar Rupiah

Tips yang Bisa Anda Lakukan

Pertama, jangan panik. Kondisi financial yang sedang tidak sehat tentunya membuat sebagian orang resah, namun ini bukan berarti Anda harus panik. Orang yang was-was pastinya akan menjadi tidak bisa berpikir dengan jernih dan mengakibatkan mereka membuat keputusan yang salah. Oleh karena itu, Anda harus tetap tenang dan fokus pada tujuan keuangan Anda. Kedua, jika memang butuh financial lebih, Anda bisa melakukannya dengan cara berutang. Langkah yang satu ini terkadang harus dilakukan jika Anda ingin membiayai kebutuhan Anda setiap hari, salah satunya adalah biaya sekolah anak dan juga biaya lainnya yang lebih penting. Alokasikan dana utang itu ke arah yang positif.

Ketiga, jangan ragu untuk melepas asset Anda. Jika kebetulan Anda memiliki properti yang lebih, tidak ada salahnya untuk menjualnya dengan harga yang mahal. Dalam hal ini, sudah banyak orang yang menjual assetnya untuk memperoleh uang tambahan. Nantinya, jika Anda sudah punya uang lagi, Anda bisa membeli asset yang baru. Keempat,  pilihlah rupiah saja. Saat ini Indonesia sedang dilanda inflasi jadi bagi Anda yang sering memakai  mata uang dollar, jangan memakai mata uang ini terlebih dahulu. Rencanakan manajemen financial Anda dengan baik agar kondisi keuangan yang dimiliki saat ini bisa semakin membaik pula.

1c Cara untuk Mengantisipasi Merosotnya Nilai Tukar Rupiah

Similar Articles

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Trik Menggunakan Kartu Kredit yang Benar

Trik Menggunakan Kartu Kredit yang Benar 0

Banyak sekali orang yang akhirnya terlilit masalah keuangan karena menggunakan kartu kredit. Lalu, bagaimana jika

7 Setan Pembawa Masalah Keuangan

7 Setan Pembawa Masalah Keuangan 0

Apakah Anda pernah merasa menyesal setelah membeli satu barang dan berpikir bila sebenarnya Anda tidak

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memiliki Kartu Kredit 0

Bagi sebagian orang, kartu kredit menjadi sebuah solusi keuangan. Memang, kartu kredit bisa memberikan solusi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *