Teropong Bisnis | Homepage
Cara Canggih Memecahkan Masalah Para Konsumen Masa Kini

Cara Canggih Memecahkan Masalah Para Konsumen Masa Kini

0 Comments 🕔18.Aug 2014

Konsumen merupakan salah satu aset penting dari perusahaan. Karena itu, diperlukan hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Dan, Customer Relationship Management (CRM) menjadi penyedia solusi untuk membina hubungan baik ini.

Saat ini, masih banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan cara konvensional untuk mengelola masalah para konsumen. Namun, seiring berkembangnya dunia bisnis Indonesia saat ini, makin banyak perusahaan yang menggunakan cara yang lebih efektif, yaitu cara CRM diatas.

Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa CRM adalah Bornevia. Didirikan oleh Benny Tjia dan Tjiu Suryanto pada Agustus 2013, perusahaan ini membidik pasar bisnis modern. Nama Bornevia sendiri berasal dari kata Borneo (Kalimantan) dan Batavia (Jakarta), tempat asal kedua pendirinya.

Pasar modern yang dibidik Bornevia adalah perusahaan yang banyak menggunakan internet untuk keperluan bisnis mereka. Perusahaan-perusahaan ini sering menggunakan Facebook, Twitter, email dan media online lainnya untuk berhubungan dengan konsumen mereka.

Cara kerja layanan yang ditawarkan Bornevia cukup sederhana. Kritik dan saran dari konsumen akan masuk melalui Facebook, Twitter atau email perusahaan. Kritik dan saran ini akan diubah menjadi tiket yang terpilah-pilah menjadi kategori masalah. Pemilik perusahaan akan lebih mudah untuk menyalurkan kritik dan masalah yang dihadapi konsumen ini kepada ahli yan gdapat memecahkannya.

Selain kemudahan dalam pengelompokkan masalah para konsumen, layanan ini juga membuat tampilan yang memadai. Pengguna akan mendapatkan tampilan seperti inbox email, sehingga mudah digunakan.

Bornevia saat ini dijalankan oleh 4 orang, yaitu Tjiu Sugiarto sebagai CTO (Chief Technology Officer) dan Benny Tjia sebagai CEO dan co-founder. Selain itu, Cecep Wandy bergabung sebagai Software Engineer.

Bornevia menggunakan konsep SaaS (Software as a Service). Untuk kebutuhan server, mereka menggunakan layanan cloud untuk menghemat biaya. Bornevia juga menggunakan konsep freemium (free-premium) untuk layanan mereka. Pengguna dapat menggunakan layanan yang gratis maupun berbayar.

Untuk layanan gratis, pengguna hanya akan mendapatkan 1 akun Facebook, 1 akun Twitter dan 1 alamat email. Sedangkan untuk layanan berbayar, pengguna akan mendapatkan 2 akun Facebook, 2 akun Twitter dan jumlah email yang tidak terbatas. Selain itu, layanan berbayar juga menyertakan add-on, dukungan lebih dan lainnya, dengan biaya 12 Dollar AS per bulan.

Menurut Benny, para pengusaha Indonesia saat ini masih belum terlalu mengenal dan paham mengenai CRM ini. Oleh karena itu, dibutuhkan edukasi yang lebih untuk menyebarkan informasi mengenai metode cara memecahkan masalah para konsumen ini. Hal ini akan membawa banyak perubahan bagi dunia bisnis Indonesia.

Benny saat ini juga rajin menulis artikel di berbagai media online untuk mendidik masyarakat luas mengenai metode CRM yang ditawarkan perusahaannya. Pria yang pernah merasakan pengalaman bekerja di Yammer ini meyakini bahwa usahanya dapat berkembang dan maju. Selain perusahaannya dapat dikatakan sebagai yang pertama, banyak perusahaan yang menggunakan internet untuk keperluan bisnis mereka.

1.Cara Canggih Memecahkan Masalah Para Konsumen Masa Kini 2

Baca Juga :

Humor, Bumbu Rahasia Hadapi Konsumen Anda!

5 Strategi Manjur Menghadapi Fluktuasi Permintaan Konsumen

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *