Teropong Bisnis | Homepage
Bagaimana Membantu Entrepreneur yang Memerlukan Pendapat Tentang Ide Bisnis

Bagaimana Membantu Entrepreneur yang Memerlukan Pendapat Tentang Ide Bisnis

0 Comments 🕔21.Aug 2014

Salah satu permintaan yag sering dilontarkan oleh seorang entrepreneur atau wirausahawan adalah masukan terkait ide – ide bisnis yang dimilikinya. Biasanya para wirausahawan tahap awal selalu mencari validasi eksternal tentang ide mereka. Bahkan seringkali akan terasa lebih mudah jiks berbincang – bincang dengan wirausahawan lainnya dibandingkan menemukan prospek yang potensial.

Sebagai seorang pengusaha, Anda tentu pasti juga pernah mengalami keadaan seperti ini. Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah ke mana Anda dapat menemukan orang yang mau memberikan masukan berharga untuk ide Anda tersebut?

Anda dapat menemukan orang – orang seperti ini dalam lingkungan pergaulan Anda. Anda dapat mencoba menemukan sesama rekan pengusaha yang tidak terbatas hanya pengusaha yang bergerak di bidang industri yang sama. Selain menemukan rekan pengusaha, Anda juga dapat menemukan angel investor, venture capitalist, dan juga praktisi yang sudah berpengalaman.

Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua orang – orang tersebut memiliki cukup banyak waktu luang untuk mendiskusikan masukannya untuk Anda. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda mengerjakan pekerjaan rumah Anda terlebih dahulu.

Jangan mencoba bermanja – manja dengan langsung meminta solusi sebelum Anda berbuat sesuatu secara maksimal. Bila Anda merasa belum melakukan apa – apa untuk mendapatkan 10 pelanggan pertama misalnya, tentu akan sangat berlebih bila Anda meminta masukan dari orang lain untuk mendapatkan 1000 konsumen pertama untuk bisnis Anda.

2.Bagaimana Membantu Entrepreneur yang Memerlukan Pendapat Tentang Ide Bisnis.3

Jadi bagi Anda para pengusaha yang ingin mendapatkan masukan tentang ide bisnis Anda cara yang direkomendasikan adalah dengan mengikuti metode pengembangan pelanggan dan ke luar kantor untuk terjun ke lapangan dan enemukan kenyataannya. Selain itu, Anda juga dapat menyusun rencana strategis sederhana, membuat Business Model Canvas, berbicara dengan 100 prospek yang potensial, dan juga memastikan apakah ada peluang yang dapat Anda garap di lapangan.

Bila ini masih belum cukup, Anda juga dapat mencoba meminta pendapat kepada 10 teman yang berpotensi menjadi konsumen produk baru Anda atau pengguna layanan baru itu kelak. Yang perlu menjadi catatan adalah seorang pengusaha perlu mendapat masukan dari pihak lain sebagai konsumen bukan dari pihak yang sama – sama sebagai pengusaha atau produsen.

Pengembangan basis konsumen pada kenyataannya memanglah bukan tugas yang mudah untuk para pebisnis. Tetapi hal ini memiliki manfaat yang sangat besar dan telah terbukti untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Bagi para pengusaha yang ingin memperoleh masukan tentang ide – ide bisnis mereka, Anda harus mau bersusah payah berbicara secara terbuka dengan para prospeknya.

Sebelum meminta pendapat kepada orang lain, pengusaha harus berjuang keras sendiri lebih dulu. Pasalnya jika entrepreneur tiba – tiba langsung meminta pendapat kepada rekan bisnis maupun orang – orang yang sudah berpengalaman, mereka tentu enggan memberikan masukan untuk seorang pengusaha yang manja.

2.Bagaimana Membantu Entrepreneur yang Memerlukan Pendapat Tentang Ide Bisnis.2

Baca Juga :

Menjadi Enterpreneur yang Sehat Itu Penting!

Merry Riana, Enterpreneur dan Miliader Muda Indonesia

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *