Teropong Bisnis | Homepage
Tips Agar Bebas Dari Jeratan Hutang yang Menumpuk

Tips Agar Bebas Dari Jeratan Hutang yang Menumpuk

0 Comments 🕔19.Jun 2013

Tip- Agar-Bebas-Dari-Jeratan-Hutang-yang-Menumpuk-2

Hutang adalah masalah keuangan yang paling sering dihadapi oleh hampir semua orang. Seseorang yang tidak punya cukup uang untuk memenuhi kebutuhannya cenderung akan berhutang pada orang lain maupun bank. Jika hutang sudah terlalu banyak, maka orang itu pun akan menjadi pusing untuk membayar hutang – hutangnya yang sudah menumpuk sehingga tidak heran jika banyak orang yang stress gara-gara mempunyai banyak hutang. Orang yang tidak punya hutang biasanya memiliki kehidupan yang lebih tenang daripada orang-orang yang tidak punya hutang. Setiap orang ingin bebas dari hutang. Jika Anda termasuk salah satu yang ingin terbebas dari hutang, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bebas dari hutang yang menumpuk

Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Setiap keluarga yang terjebak hutang pasti akan menggunakan kartu kredit sebagai cara untuk menutupinya. Tetapi, kartu kredit bukanlah cara terbaik agar tidak terjerat hutang. Keluarga harus belajar menggunakan uang yang ada dengan membuat anggaran pendapatan dan pengeluaran setiap hari. Anggaran yang sudah dibuat harus dipatuhi karena isinya meliputi semua pengeluaran.

Cicil Hutang yang Masih Berjalan

Cara yang paling ampuh agar terbebas dari hutang adalah membayar cicilan secara bertahap. Jika cicilan yang Anda bayar semakin besar, beban bunganya pun akan lebih kecil. Dengan bunga yang kecil, Anda pun tidak perlu gelisah terhadap tagihan yang membengkak. Anda dapat berbicara dengan bank terkait hutang Anda dan diskusikan cara untuk mengurangi bunganya.

Selalu Bawa Uang Tambahan

Membawa uang tambahan ke mana pun Anda pergi adalah salah satu cara untuk menghindari hutang. Anda juga dapat mulai mencari tambahan pekerjaan yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda misalnya berjualan camilan di kantor, menjual makanan buatan sendiri, atau memberikan les.

Buat Prioritas Pengeluaran

Saat merencanakan keuangan, buat prioritas pengeluaran misalnya beberapa prioritas penting meliputi biaya sekolah anak, biaya rumah, atau biaya penting lainnya. Membuat skala prioritas akan memfokuskan Anda untuk mengeluarkan uang untuk biaya yang lebih penting daripada menghambur-hamburkannya untuk membeli sesuatu yang kurang penting.

Bayar Hutang yang Bunganya Tinggi Terlebih Dahulu

Anda dapat melunasi hutang-hutang Anda yang bunganya lebih tinggi terlebih dahulu. Suku bunga yang tinggi menyebabkan Anda akan terjerat semakin dalam di dalam hutang. Oleh sebab itu, jika Anda sudah keluar dari hutang yang bunganya tinggi, perlahan-lahan Anda bisa terbebas dari hutang lainnya.

Kurangi Makan di Luar

Salah satu cara untuk bebas dari hutang adalah menghemat pengeluaran. Jika Anda sering makan di luar, sebaiknya hal ini mulai dikurangi karena makan di luar akan membuat pengeluaran Anda lebih besar daripada masak sendiri di rumah. Selain bisa menekan pengeluaran, makan di rumah juga akan membuat suasana kehangatan keluarga menjadi lebih terasa.

Tip- Agar-Bebas-Dari-Jeratan-Hutang-yang-Menumpuk-4

Similar Articles

Cara Mudah Mengatur Keuangan Bagi Anda yang Suka Berbelanja

Cara Mudah Mengatur Keuangan Bagi Anda yang Suka Berbelanja 0

Apa yang Anda lakukan saat menerima uang baik dari gaji, keuntungan penjualan, ataupun uang saku?

3 Masalah Pengelolaan Keuangan yang Mengancam Pernikahan dan Solusinya

3 Masalah Pengelolaan Keuangan yang Mengancam Pernikahan dan Solusinya 0

Pernikahan merupakan salah satu titik penting dalam hidup Anda. Dapat dikatakan, momen ini merupakan momen

5 Tips Memiliki Bisnis Sukses untuk Masa Pensiun Anda

5 Tips Memiliki Bisnis Sukses untuk Masa Pensiun Anda 0

Masa pensiun dipandang sebagian besar orang sebagai masa dimana Anda sudah tidak produktif lagi. Sebenarnya hal

3 Jurus Amankan Arus Keuangan UKM Anda

3 Jurus Amankan Arus Keuangan UKM Anda 0

Manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan memegang peranan sangat penting untuk kemajuan perusahaan tersebut. Manajemen keuangan

Nilai Tukar Rupiah Kritis Akibat Isu

Nilai Tukar Rupiah Kritis Akibat Isu 0

Semua orang pasti sudah mengetahui bila angka 13 yang dikenal sebagai angka sial. Sayangnya, angka

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *