Teropong Bisnis | Homepage
Tetap Berinvestasi Meski Harga BBM Naik

Tetap Berinvestasi Meski Harga BBM Naik

0 Comments 🕔11.Jul 2013

Kenaikan harga BBM tentunya tidak boleh mempengaruhi kemampuan kita untuk berinvestasi. Bagaimana pun juga, investasi merupakan cara terbaik untuk menjamin kualitas kehidupan di masa depan. Dampak kenaikan BBM beberapa minggu lalu tentunya akan berdampak pada beban hidup masyarakat. Hal inilah yang dikhawatirkan akan mengurangi minat masyarakat untuk menyisakan uang untuk berinvestasi. Sebuah lembaga survery menyimpulkan bahwa kenaikan harga BBM akan berdampak pada beban hidup masyarakat, baik yang lajang maupun yang sudah menikah. Bagi yang sudah menikah, beban hidup akan bertambah sebanyak 35%. Sementara itu, bagi yang masih lajang, beban hidup akan bertambah sebesar 20%.

Tetap-Berinvestasi-Meski-Harga-BBM-Naik-4

Mau Tak Mau Harus Berinvestasi

Dalam acara peluncuran buku Aidil Akbar yang berjudul “Easy Planning ‘Hidup Sejahtera Sekarang dan Nanti'”, Akbar mengungkapkan bahwa mau tak mau kita harus tetap berinvestasi. Paling tidak kita harus mampu untuk mempertahankan besaran investasi di awal. Kenaikan harga BBM memang akan berpengaruh, tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah mempertahankan kualitas hidup dan tetap berinvestasi dengan mempertahankan besaran sebelumnya dan jangan sampai turun. Gaya hidup seseorang memang akan berpengaruh pada tingkatan besaran pengeluaran. Hal ini ternyata juga dapat menjadi kendala utama seseorang untuk tetap berinvestasi. Kebiasaan mengeluarkan uang yang berlebih dan juga gaya hidup yang kurang sesuai membuat orang menjadi buta dan pada akhirnya lupa untuk berinvestasi. Untuk mengatasinya, gaya hidup seperti ini sebaiknya dikurangi. Kenaikan harga BBM tidak akan berdampak cukup signifikan dalam hidup jika gaya hidup boros dan mengeluarkan uang yang tidak perlu bisa dikurangi.

Tetap-Berinvestasi-Meski-Harga-BBM-Naik-6

Menghadapi Situasi Kenaikan Harga Barang Pokok

Seseorang yang belajar dari pengalaman pasti mengerti bagaimana menghadapi situasi di tengah semua harga kebutuhan barang pokok dan bahan bakar yang naik seperti sekarang ini. Untuk itu, kita harus memiliki siasat pribadi yang dapat memastikan bahwa kita bisa terbebas dari dampak terbebani karena kenaikan harga BBM. Lebih lanjut, Akbar mencontohkan sebuah kasus di mana seseorang memiliki penghasilan antara 5 hingga 6 juta rupiah setiap bulannya. Penghasilan ini tentu saja masih sangat mencukupi bagi seseorang untuk menyisakan dananya untuk tujuan investasi. Jika boleh jujur, pengeluaran pokok untuk sandang, pangan, dan papan sebenarnya hanya akan menghabisakan sekitar 40 hingga 60 persen saja, sisanya, kita bisa memanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. misalnmya untuk lifestyle dan hiburan. Akbar menyampaikan bahwa kebutuhan yang tidak perlu, seperti lifestyle ini yang bisa dialihkan untuk investasi.

Lifestyle akan memaksa seseorang untuk melakukan aktivitas yang tidak perlu, seperti clubing setiap malam minggu, makan di restoran mewah hanya untuk gaya-gayaan, atau membeli gadget yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Karenanya, buatlah rencana mulai sekarang untuk menjamin kualitas hidup kita di masa depan. Pastikan apa yang Anda dapatkan hari ini juga memiliki hasil untuk masa depan.

Tetap-Berinvestasi-Meski-Harga-BBM-Naik-5

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *