Teropong Bisnis | Homepage
Tanda Bahaya Penipuan Investasi Yang Harus Anda Cermati

Tanda Bahaya Penipuan Investasi Yang Harus Anda Cermati

0 Comments 🕔18.Jun 2014

Investasi dapat dikatakan sebagai salah satu solusi keuangan terbaik yang bisa Anda punyai. Dengan mempunyai investasi, suatu saat bila Anda mendapatkan masalah keuangan, Anda dapat mengatasinya dengan mudah. Bahkan, investasi dapat menjadi sumber pemasukan dan penghasil keuntungan yang besar.

Karena begitu banyaknya manfaat yang diberikan oleh investasi, banyak orang membutuhkannya. Sayangnya, hal ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka melakukan penipuan investasi yang dapat menguras harta para investor.

Agar tidak terjebak dengan praktek penipuan ini, sudah layaknya Anda harus mengetahui ciri investasi palsu ini. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada tawaran investasi yang termasuk dalam penipuan.

1. Bunga dan Keuntungan Yang Sangat Tinggi

Bila ada tawaran investasi yang menjanjikan bunga dan keuntungan yang sangat tinggi, Anda patut mencurigainya. Contohnya, dengan investasi Rp. 10 juta, Anda mendapatkan keuntungan Rp. 500 ribu per bulannya. Keuntungan yang tinggi ini membuat orang seperti lupa meneliti darimana asal uang keuntungan ini.

2. Pembayaran Keuntungan Macet

Seringkali pada bulan-bulan awal, pembayaran keuntungan investasi Anda berjalan lancar. Namun, seiring waktu berjalan, pembayaran keuntungan Anda akan tersendat hingga akhirnya macet sama sekali. Hal ini terjadi karena perusahaan investasi ini mengambil uang untuk membayarkan keuntungan Anda dari investasi anggota lainnya. Atau, dapat dikatakan, mereka hanya memutar uang dari satu investor ke investor lainnya.

Bila target jumlah investor baru tidak terpenuhi, maka dana yang diputar juga tidak ada. Hal ini yang menyebabkan macetnya pembayaran keuntungan Anda.

3. Tidak Ada Bentuk Usaha

Perusahaan investasi yang benar selalu mempunyai usaha lainnya. Dan, modal dari usaha tersebut berasal dari investasi anggota. Keuntungan yang didapat akan dibagi kepada anggota. Hal inilah yang menjadi bunga dari investasi Anda.

Namun, penipuan investasi tidak mempunyai bentuk usaha yang jelas. Seperti pada poin nomor 2, mereka hanya menggunakan uang investasi anggota lainnya untuk pembayaran keuntungan. Jadi, uang Anda pada dasarnya tidak berkembang.

4. Jaminan

Selalu cermati jaminan yang diberikan oleh perusahaan investasi. Bila mereka berani mengambil resiko yang terlalu tinggi, hal ini perlu diwaspadai.

5. Penggunaan Nama Orang Terkenal

Banyak penipuan investasi juga menggunakan nama artis, publik figure dan orang terkenal lainnya untuk menarik investor. Anda harus berhati-hati bila ada tawaran investasi seperti ini.

Setelah mengetahun 5 ciri penipuan investasi diatas, bagaimana cara kita menghindarinya? Cara mudahnya adalah memeriksa ijin dari perusahaan tersebut. Anda dapat melihat apakah mereka mempunyai izin dari:

1. Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK)

2. Bank Indonesia (BI)

3. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti)

4. Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cek surat izin untuk mengumpulkan dana masyarakat dan pengelolaan investasi, bukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) ,dengan melihatnya melalui website OJK, di OJK.go.id.

investasi, penipuan investasi, keuangan, peluang bisnis

BACA JUGA:

Kenaikan Gaji PNS Masih Tersendat

Pengusaha Berteriak, Kala DPR Memutuskan TTL Naik

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

BI Ungkapkan Kesiapan Hadapi Pelemahan Nilai Tukar Rupiah

BI Ungkapkan Kesiapan Hadapi Pelemahan Nilai Tukar Rupiah 0

BI (Bank Indonesia) menyampaikan bahwa pihaknya yakin bahwa BI masih mempunyai kekuatan untuk menjadikan rupiah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *